Pesona Warna-warni Bawah Laut Teluk Tomini


Keindahan alam Indonesia memang tiada duanya. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat pesona bawah laut yang memukau. Gorontalo yang merupakan sebuah daerah yang terhubung dengan garis khatulistiwa memiliki wisata bahari yang terbilang sempurna yaitu Teluk Tomini.

Diikutip dari Viva (Kamis, 8/1/2015), Teluk Tomini merupakan teluk terbesar yang ada di Indonesia dengan luas 6 juta hektar. Keistimewaan teluk ini sudah didengar hingga ke mancanegara, tak heran menjadi kawasan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan Eropa.

Selain sebagai tempat wisata, Teluk Tomini juga dimanfaatkan para warga setempat untuk penangkapan ikan, pariwisata, dan konservasi. UNESCO sendiri telah menetapkan kawasan ini sebagai wilayah yang dilindungi.

Terdapat sebanyak 56 rangkaian pulau yang dikenal dengan nama Kepulauan Togean. Eksotsme pulau ini mampu menyihir siapapun yang melihatnya.

Kekayaan alam bawah laut Teluk Tomini tidak perlu disangsikan lagi. Biota lautnya yang kaya dan banyaknya ikan berwarna-warni menghiasi pemandangan bawah laut di teluk ini.

Ketika menyelam disini, pastikan Anda mengabadikan setiap momen keindahan yang ada di bawah laut teluk ini. Hamparan biru laut yang jernih dipadukan dengan warna terumbu karang yang mencolok, akan membuat Anda terpesona dengan keindahannya.

Dikutip dari Ppesumapapua.menlh.go.id, selain Kepulauan Togean yang memiliki pemandangan cantik, pulau-pulau di sekitarnya yang tak kalah menarik dan tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi adalah Una-Una, Batulada, Talatakoh, Waleakodi, dan Waleabahi.

Letak geografis laut yang dilintasi garis khatulistiwa membuat posisinya strategis sehingga dikatakan sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia. Taman Nasional Laut Kepulauan Togean memiliki sebutan juga sebagai The Heart of Coral Triangle.

Agar kekayaan alam kita tetap terjaga dan tetap cantik seperti yang seharusnya. Sebagai warga lokal harus sering-sering merawat dan menjaganya.(dea)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak