STORY: Pengalaman Petugas KNKT Dengar Black Box Pesawat


Mendengar kabar duka adalah hal yang tidak mengasyikkan, apalagi kabar duka itu harus diulang-ulang, satu kali saja sudah bikin merinding apalagi harus mendengarkannya hingga puluhan kali. Hal inilah yang harus dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan? Transportasi (KNKT) ketika sedang menginvestigasi black box.

Petugas investigasi KNKT harus mendengarkan dengan seksama rekaman suara pilot dan kopilot yang terjadi di dalam pesawat. Percakapan ini menjadi penting karena akan diketahui apa penyebab pasti dari kecelakaan suatu pesawat.

“Kita akan tahu apa sih yang sebenarnya terjadi dari percakapan pilot atau kopilot sesaat pesawat itu mengalami kecelakaan,” kata Investigator KNKT, Nurcahyo Utomoseperti yang dilansir dari liputan6com (Selasa, 13/1/2015).

Setelah itu, petugas akan menginvestigasi lebih lanjut apakah terjadi kerusakan suatu mesin, rusaknya radar, atau ketidaktahuan pilot akan medan atau jalur yang dilalui pesawatnya.

Nurcahyo yang telah bergabung dengan KNKT sejak tahun 1997 ini mengaku menjadi investigator black box tidaklah mudah. Ia harus mendengarkan kata-kata terakhir seorang pilot sebelum akhirnya kecelakaan. Ia jadi bisa membayangkan apa yang terjadi saat kecelakaan itu, Ia pun bisa merinding tiapkali ada kata-kata yang menyentuh terjadi saat 1 atau 2 detik sebelum terjadi kecelakaan.

“Ini paling mengerikan. Apalagi bagian akhir. Kata-kata terakhir dari pilot. Umumnya teriak Allahu Akbar. Itu merinding saya dengarnya,” jelasnya.

Namun seiring berjalannya waktu, Nurcahyo jadi terbiasa. Sudah jadi kewajibannya untuk mencari kebenaran dari black box. Umumnya black box berhasil diteliti meski keadaannya sudah rusak sekalipun.

“Kalaupun rusak, kita akan melakukan berbagai cara, seadanya kita teliti. Pakai hitungan manual,” ungkap Nurcahyo.

Ia dan timnya selalu berupaya yang terbaik demi mencari kebenaran. Hal ini penting agar kejadian serupa ttidak terjadi lagi di kemudian hari untuk maskapai-maskapai lainnya.

Tugas dari KNKT sendiri melaksanakan pemeriksaan kecelakaan transportasi, jika terjadi kecelakaan pesawat maka sudah menjadi kewajiban dari tim KNKT untuk memeriksa black box. Selain itu juga memberikan rekomendasi hasil pemeriksaan kecelakaan transportasi kepada pihak terkait, memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden berdasarkan hasil pemeriksaan kecelakaan transportasi agar bisa secepatnya ditindaklanjuti(dea).


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak