Mengenal Berbagai Jenis Minuman Kopi


Anda penggemar kopi? Jangan mengaku penggemar kopi jika belum tau jenis-jenis dan asal muasal kopi. Tahukah Anda ada berapa jenis kopi yang sehari-hari kita minum? Tak hanya latte dan espresso saja, tapi masih banyak jenis lainnya yang perlu diketahui.

Kopi yang selama ini kita kenal berasal dari jenis kopi yang ebrbeda-beda, namun yang paling dikenal dan paling sering dipakai adalah biji kopi arabika dan dan robusta. Perbedaannya adalah soal rasa dan selera. Kopi arabika adalah kopi tradisional dengan cita rasa terbaik, sebagian besar jenis kopi terbuat dari biji kopi jenis ini. Sedangkan untuk robusta dapat dikatakan tipe kopi kelas dua karena harganya yang lebih murah, rasanya pun lebih pahit dan asam.

Dikutip berbagai sumber, berikut ini beragam jenis kopi yang biasa kita jumpai.

1. Kopi Hitam

Kopi Hitam
Kopi Hitam

Kopi hitam ini merupakan hasil ekstraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan langsung tanpa tambahan perisa apapun. Jadi rasa kopi ini benar-benar asli tanpa tambahan apapun.

2. Espresso

Espresso
Espresso

Kopi yang terbuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi. Kopi ini rasanya masih pahit sama seperti kopi hitam.

3. Latte

Latte
Latte

Pasti sudah sering lihat kopi yang satu ini kan? Dewasa ini kopi latte biasa diberi hiasan gambar di permukaan kopinya atau yang biasa disebut dengan latte art. Kopi latte ini merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio biasanya susu dan kopi sebanyak 3:!.

4. Cafe au Lait

Cafe Au Lait
Cafe Au Lait

Kopi ini berasal dari Perancis. Kopi ini merupakan campuran kopi dan susu. Serupa dengan latte namun menggunakan campuran kopi hitam. Rasanya unik.

5. Caffe Macchiato

Macchiato
Macchiato

Kopi jenis ini menggunakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan perbandingan antara kopi dan susu sebanyak 4:1. Kopinya lebih kental dengan rasa lebih pahit dibandingkan latte.

6. Frappe

Frappe
Frappe

Frappe adalah jenis kopi espresso yang disajikan dalam keadaan dingin. Kopi ini biasa dijual di kedai-kedaiĀ franchise. Biasanya diberi tambahan butiran cokelat atau astor sebagai pelengkap. Kalangan muda biasanya menyukai frappe.

7. Irish Coffee

Irish Coffee
Irish Coffee

Disebut juga dengan kopi Irlandia. Kopi ini merupakan kopi yang dicampur wiski. Selain itu ditambahkan juga krim di atasnya sebagai pemanis. Sajikan bersama dessert cake atau wafer.

8. Cappucino

Cappucino
Cappucino

Kopi dengan tambahan susu, krim, dan tambahan serpihan cokelat. Rasanya lebih manis dan ada tambahan cokelat, cocok untuk Anda penggemar kopi yang tidak terlalu pahit.

9. Dry Cappucino

Dry Cappucino
Dry Cappucino

Kopi ini merupakan jenis kopi cappucino dengan campuran sedikit krim tanpa susu. Rasanya tidak terlalu manis tapi cocok sebagai pengursi rasa kantuk di siang hari.

10. Kopi Tubruk

Kopi Tubruk
Kopi Tubruk

Kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula. Kopi ini memiliki rasa dan aroma yang khas, rasanya pun nikmat. Benar-benar ciri khas Indonesia.

11. Kopi Melya

Kopi Melya
Kopi Melya

Jika Anda bosan dengan kopi yang dicampurkan gula, Anda bisa mencoba kopi yang satu ini. Kopi Melya merupakan minuman kopi yang ditambahkan bubuk cokelat dan madu. Rasanya lebih manis dan gurih.

12. Kopi Moka

Kopi Moka
Kopi Moka

Kopi yang serupa dengan cappucino dan latte, namun campurannya menggunakan sirup cokelat. Warnanya lebih cokelat tua dibandingkan dengan latte atau cappucino. Bagi yang suka kopi dengan campuran cokelat, kopi moka ini bisa jadi pilihan yang pas.

13. Kopi Instan

Kopi Instan
Kopi Instan

Minuman kopi yang berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi. Kopi ini mudah ditemukan di warung ataupun mini market. Tak perlu bersusah payah pergi ke kedai kopi, cara membuat kopinya pun mudah. Harganya pun lebih murah.

14. Oleng

Kopi Oleng
Kopi Oleng

Kopi ini merupakan kopi khas Thailand. Kopi ini dimasak menggunakan jagung, kacang kedelai, dan wijen. Ciri khas kopi ini berwarna lebih terang dan transparan dibanding kopi lain yang berwarna pekat.

(dea)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak