CHRISTOPHER NOLAN: Sang Jenius Film


Bagi kamu yang mengaku movie-freak, pasti tahu sutradara yang namanya sedang melambung tinggi ini. Christopher Nolan, sang sutradara yang terkenal lewat banyak film cerdas dan dipenuhi twist- twist keren itu saat ini sedang sibuk dengan proyek film trilogy terakhir Batman arahannya. Christopher Nolan lahir di London, Inggris, 30 Juli 1970. Nolan memiliki 2 kewarganegaraan yaitu Inggris dan Amerika. Pada awalnya, Nolan sudah dekat dengan hal-hal berbau sinematografi saat Ayahnya memberikan sebuah kamera padanya. Nolan juga memiliki adik, yaitu Jonathan. Jonathan juga sering membantu Christopher Nolan untuk masalah penulisan skrip pada film-film garapannya.

Saat kuliah, Nolan masuk di University College London untuk belajar tentang literatur Inggris yang dimana saat itu dia juga mempelajari film dengan teman-teman kuliahnya. Ia memulai karir filmnya pada tahun 1989. Ia dikenal suka sekali dengan film-film James Bond. Makanya, di masa profesionalnya, Nolan sering membuat adegan action yang rada-rada mirip agen rahasia 007 itu.

Film pendek pertamanya berjudul Tarantella, lalu berikutnya menyusul film-film pendek lainnya yaitu Larceny dan Doodlebug. Pada tahun 1997, Ia menikah dengan Emma Thomas dan sekarang telah dikaruniai 3 orang anak. Karir profesional Christopher Nolan mulai naik saat ia membuat Following pada tahun 1998. Following mendapatkan apresiasi yang luar biasa di Hong Kong Film Festival 1999. Tahun 2000, melalui cerita pendek milik adiknya, Jonathan, ia membuat film berjudul Memento. Film inilah yang membuat namanya mulai diperhitungkan oleh banyak pemerhati film karena berhasil meraih 2 nominasi Oscar.

Pada tahun 2002, Nolan bekerjasama dengan aktor sekaliber Al Pacino dan Robin Williams untuk re- make film Insomnia. Warner Bros pun melihat sesuatu yang menarik dalam diri Chris Nolan, ia akhirnya diminta untuk ikut berpartisipasi menjadi sutradara dalam franchise film superhero Batman. Disini, Nolan mulai memperlihatkan eksperimental sci-fi yang ia miliki. Terbukti, Batman Begins berhasil memikat banyak kalangan movie-freak dunia. Tak sampai situ, Nolan sejenak keluar jalur dari Batman.

Foto: Christopher Nolan dan Leonardo DiCaprio dalam pembuatan film Inception
Foto: Christopher Nolan dan Leonardo DiCaprio dalam pembuatan film Inception

Ia masuk ke dalam dunia film yang digarap dari novel. Pada tahun 2006, The Prestige menjadi bukti kontinyuitas eksistensi kecerdasan Christopher Nolan di dunia perfilman. Setelahnya, Nolan kembali masuk ke dunia gelap sang superhero, Batman. Tahun 2008 sepertinya menjadi tahun dimana film superhero terbaik hadir di muka bumi. Siapa yang belum pernah menonton The Dark Knight? Akting almarhum Heath Ledger terlihat sangat mengagumkan di film tersebut.

The Dark Knight pun mendapat pemasukan sampai 1 milyar dolar Amerika. Sungguh menakjubkan. Film yang terakhir ini Nolan buat adalah Inception. Ada kejahatan di mimpi dalam mimpi yang sedang bermimpi. What a movie! Film yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio ini sukses di pasaran dan di dalam ingatan para penikmat film. Walaupun Nolan belum pernah memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik, namun ide-ide dan keahliannya dalam membuat film begitu brilian. Lihat bagaimana Ia sering sekali memasukan ilmu psikologi, mindtrick dan ending yang twist disertai kesan yang gelap dan misterius, truly high-class.

Perlu kamu tahu juga, Nolan yang hebat dengan film-filmnya itu punya kekurangan juga lhooo. Seseorang yang bertangan kidal ini ternyata buta warna (merah-hijau) dan psssttt.. katanya, dia juga computer illiterate. Tapi bagaimanapun juga, Christopher Nolan telah membuktikan pada publik dunia bahwa ia adalah salah satu sutradara yang patut diperhitungkan. Even better than that . He is one of the greatest director. From genius to fabulous!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak