Melihat Keindahan Kota dengan Kereta Gantung Tertinggi di Dunia


Juni tahun lalu, Bolivia meresmikan proyek rute perdana transportasi kereta gantung (cable railway) yang disebut-sebut mendapatkan rekor sebagai kereta gantung tertinggi di dunia.

Dengan ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut, para penumpang diangkut menggunakan kereta gantung ini untuk rute antar kota di Bolivia.

Kereta gantung transportasi kota ini diresmikan oleh Presiden Bolivia, Evo Morales, pada akhir Mei 2014. Transportasi kereta gantung ini menghubungkan La Paz, Ibukota Bolivia dengan Kota El Alto yang melewati pegunungan Andes.

Kereta gantung ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata. Melihat keindahan kota dan pegunungan Andes dengan puncak Illimani dari ketinggian yang menegangkan.

Kereta gantung di tengah-tengah Kota El Alto (detik.com)

Jika menggunakan kendaraan darat, jarak tempuh kedua kota ini membutuhkan waktu setengah jam, tetapi dengan transportasi kereta gantung ini jarak tempuh kedua kota menjadi sangat singkat, yakni 10 menit.

La Paz dan El Alto, merupakan kota dengan penduduk lebih dari 1,6 juta orang. Kedua kota ini masuk dalam daftar 10 kota di dunia yang memiliki transportasi kereta gantung.

Transportasi anyar ini beroperasi 17 jam sehari, dengan kemampuan mengangkut 18 ribu orang per jam. Satu kereta mampu ditumpangi oleh 10 orang. Harga tiketnya sangat terjangkau, cukup dengan US$ 0,43 atau sekitar Rp 4.300.

Kereta Gantung di Kota La Paz (detik.com)

Kereta gantung yang dibangun oleh Perusahaan Doppelmayr, asal Austria dengan nilai investasi mencapai US$ 234 juta atau sekitar Rp 2,3 triliun lebih ini dikerjakan dalam dua tahapan, tahap pertama rute kereta gantung ini hanya mencapai panjang 2,6 km, dan tahapan kedua dibangun sepanjang 7,3 km yang telah rampung akhir tahun 2014 lalu.

Sebelumnya Bolivia juga telah memiliki transportasi kereta gantung di Kota Cochabamba, namun ini dibuat untuk tujuan pariwisata. Dan, kereta gantung di Kota La Paz ini merupakan proyek pertama kereta gantung transportasi umum.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak