Tips Mendapatkan Kerja Bagi Kamu Para Fresh Graduate


Saat ini persaingan karir semakin berat dan ketat. Lapangan kerja yang tersedia memang banyak, tetapi sainganmu yang juga fresh graduate lebih atau mungkin sangat banyak dibandingkan lapangan pekerjaan yang tersedia. Kamu jangan patah semangat dan loyo, say! Kamu tetap memiliki kesempatan yang luas kok. Dikutip dari hipwee.com, berikut adalah tips untuk dapat mendapatkan pekerjaan bagi kamu para fresh graduate:

1. tuliskan keunggulan akademismu dalam CV dan buat semenarik mungkin

Nilai yang bagus dan memiliki prestasi yang baik ketika dalam masa belajar tentu akan memberikan kamu nilai tambah dimata perusahaan. Hal tersebut akan sangat membantumu, terlebih kalau kamu memiliki berbagai piagam prestasi terbaik akademismu.

2. aktif dalam organisasi sederhana

Meskipun bukan dan tidak terlibat dalam organisasi kampus, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti volunteer ataupun kegiatan organisasi sederhana yang lain. Meskipun tidak terlalu formal, tetapi kamu telah belajar untuk terjun langsung ke lapangan. Dengan memiliki bekal lapangan seperti ini, kamu bisa mencantumkannya dalam CV.

3. Belajar dari kerjaan freelance

Daripada kamu tidak ada kerjaan dan hanya santai-santai di rumah, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba bekerja freelance. Selain waktunya yang bisa kamu gunakan untuk mencari pekerjaan lain, kamu juga bisa menambah pengalaman dan penghasilanmu, kan. Dari bekerja sebagai freelancer, kamu akan bisa belajar banyak dan menambah wawasan baru, lho.

4. perbanyak kenalan dan koneksi

Jika kamu termasuk orang yang cuek dengan lingkunganmu, coba perlahan mulai saat ini akrabkan dirimu dengan pergaulan sekitarmu. Tidak salah kalau kamu mengunjungi acara himpunan alumni atau career centre. Di career centre kamu bisa mendapatkan informasi sekaligus bimbingan untuk menunjang kelangsungan masa depan karirmu.

5. jangan paksakan diri

Kamu kan masih fresh graduate, sebaiknya kamu sadar diri dan jangan memaksakan dirimu. Jangan terlalu berambisi untuk dapat masuk dan menginjakkan kaki di perusahaan besar dengan jabatan yang mapan. Bekerja pada up company sebaiknya kamu lakukan untuk menambah pengalamanmu, selain itu peluangmu untuk memiliki karir puncak masih sangat mungkin terjadi pada up company.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak