Hai Calon Mahasiswa Baru! Ini yang Harus Kamu Persiapkan

Keluar dari dunia SMA, kamu akan memasuki dunia baru perkuliahan. Kamu tidak akan lagi memakai seragam. Tempatmu belajar tidak lagi di sebut sekolah, tetapi kampus. Pengajarmu tidak lagi disebut guru, tetapi dosen. Meskipun semuanya akan sama saja. Sama-sama dibutuhkan dan berjasa. Perbedaan sederhana ini mungkin masih akan terbawa pada masa-masa awal perkuliahanmu. Hal itu bukan menjadi masalah besar, kok. Tetapi peralihan dari siswa menjadi mahasiswa adalah tantangan yang cukup besar, lho. Kamu harus mempersiapkannya dengan baik agar kamu bisa menjadi mahasiswa seperti yang kamu inginkan. Inilah hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk menjadi mahasiswa baru versi JadiBerita:

 

1. Mental

 

Kamu harus sebisa mungkin mempersiapkan diri dan menyadarkan dirimu bahwa kamu adalah calon mahasiswa. Tidak seperti siswa, yang akan selalu ‘disuapi’. Mahasiswa dituntut untuk mandiri melakukan berbagai hal. Selain itu, tugas yang akan dihadapi seorang mahasiswa juga sedikit berbeda dengan siswa. Kamu tidak akan mudah melakukan negosiasi dengan dosenmu mengenai tugas, tidak seperti guru-guru di sekolah yang masih bisa memaklumi berbagai alasanmu.

 

2. Semangat

 

Sudah punya mental yang kuat sebagai seorang mahasiswa, kamu juga harus tetap punya semangat untuk terus berjuang dan semangat belajar menjadi mahasiswa. Perjuangan pendidikan di bangku kuliah memang tidak semudah SMA, justru itu kamu harus terus menyalakan api semangat dalam jiwamu.

 

3. Latihan memanage waktu

 

Seperti yang telah diuraikan pada poin pertama, bahwa tuntutan seorang mahasiswa tidaklah setenang masa SMA, maka kamu perlu untuk latihan memanage waktu. Karena mungkin saja kamu akan mendapatkan beberapa tugas sekaligus dengan deadline yang bersamaan pula. Kamu sudah dewasa, sebaiknya mengerti bagaimana cara mengatur dan tahu kekuatan fisikmu.

 

4. Perlengkapan kuliah

 

Tidak seperti musim tahun ajaran baru di SD, SMP atau SMA yang mungkin harus selalu memiliki tas, buku dan seragam baru. Tetapi untuk memasuki masa perkuliahan, kamu juga disarankan untuk memperbaharui perlengkapan kuliahmu. Tidak perlu tas atau sepatu baru, cukup perlengkapan tulis saja. Kamu pasti akan membutuhkan perlengkapan tulis seperti buku tulis, atau binder yang lebih identik dengan seorang mahasiswa, pulpen, pensil, penggaris dan penghapus, juga tip-ex. Kemudian, tidak akan salahnya juga jika kamu memiliki stabilo dan sticky notes. Karena mahasiswa identik dengan satu buku, maka kamu wajib memiliki kedua alat tulis tadi untuk membedakan mata kuliah dan materi-materi yang ada dalam buku catatanmu.

 

5. Sistem belajar

 

Karena perbedaan mengajar dosen dan guru, maka kamu harus memiliki sistem belajar yang baru agar kamu bisa tetap mempertahankan prestasimu. Jangan kaget kalau nanti dosen mengajar tidaj sedetail guru-gurumu di SMA. Untuk menyiasatinya, buatlah catatan yang rapih disetiap pertemuan perkualiahanmu agar ketika membacanya kembali kamu akan paham.

 

(anb)

 

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...