Kuliner Nusantara yang Hanya Ada Ketika Ramadan


Kuliner Nusantara Ketika Ramadhan (jadiberita.com)

Memasuki bulan Ramadhan sudah menjadi pemandangan biasa jika di tepi jalan banyak pedagang yang menjajakan makanan takjil untuk berbuka puasa, seperti kolak, es buah, goreng-gorengan, lontong dan sebagainya. Bicara soal makanan, ada loh kuliner nusantara yang ternyata hanya disajikan ketika bulan Ramadhan. Ingin tahu? Berikut ini JadiBerita akan infokan untuk kamu:

1. Pakat, tapanuli

Pakat, kuliner khas Tapanuli (merdeka.com)

Makanan yang terbuat dari rotan ini menjadi makanan khas idaman masyarakat Tapanuli ketika bulan suci tiba. Eits, jangan kaget ya, ini bukan rotan biasa seperti untuk membuat anyaman kok. Memang berbahan dasar rotan, tetapi dipilih rotan yang masih berusia muda. Rotan muda ini dibakar di atas tungku sekitar 1 jam kemudian dikupas diambil bagian dalamnya yang berwarna putih. Lebih nikmat lagi kalau dibanjiri dengan kuah santan.

2. Sate susu, denpasar

Sate Susu (selasar.com)

Sate susu yang menjadi makanan masyarakat Denpasar ketika Ramadhan tiba ini terbuat dari payudara sapi yang dipercaya memiliki khasiat seperti minum susu sungguhan, memberikan energi lagi setelah seharian berpuasa. Kenikmatan sate susu khas Denpasar ini bisa ditambah jika ditemani dengan samal plecing.

3. Sotong pangkong, pontianak

Sotong Pangkong (kapanlagi.com)

Jalan-jalan ke Pontianak ketika bulan suci, kamu akan mendapati suguhan sotong pongkong yang menjadi kuliner favorit warga Pontianak. Makanan yang terbuat dari olahan cumi ini dibakar sambil dipukul-pukul menggunakan kayu. Wah unik ya.

4. Gulai siput, tanjung pinang

Gulai siput (resepnasional.com)

Menu hidangan yang menjadi favorit masyarakat Tanjung ketika waktu berbuka ini memiliki cita rasa yang gurih nan lezat. Dengan kuah berbumbu kunyit dan rempah-rempah lainnya menyiram siput dan terhidang makanan ini.

5. Mie glosor, bogor

Mie glosor (cookpad.com)

Mie glosor  dalam bahasa Sunda memiliki arti mudah ditelan. Ya, mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan memang mudah di telan. Mie ini sebenarnya berasal dari Sukabumi, namun populer di Kota Bogor. Kuliner ini menjadi menu favorit untuk berbuka puasa.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak