Berbagai Jenis Pempek Palembang yang Bikin Kamu Ketagihan


Jenis pempek yang bikin kamu ketagihan (jadiberita.com)

Pempek mungkin merupakan makanan khas Palembang yang paling terkenal. Kamupun juga sudah mengetahuinya dan bahkan merasakannya. Tetapi tahukah kamu bahwa pempek Palembang memiliki jenis yang berbeda-beda? Meskipun demikian, tetap saja rasanya akan membuat kamu ketagihan. Berikut JadiBerita akan memberikan informasi mengenai jenis pempek yang bikin kamu ketagihan. Check tis out:

1. Pempek lenjer

Pempek Lenjer (tokopedia.com)
Pempek Lenjer Kecil (pempekcinere.wp.com)

Pempek lenjer ini biasa juga disebut pempek gelondongan, yakni pempek yang memiliki bentuk memanjang. Lenjer ini ada yang dalam ukuran besar, ada juga yang berukuran kecil dan disebut pempek lenjer kecil.

2. Pempek kapal selam

Pempek Kapal Selam (tumblr.com)
Pempek Telur Kecil (pempekaanonline.com)

Pempek jenis ini cukup populer di kalangan masyarakat, sekalipun bukan asli orang Palembang. Pempek jenis ini berbentuk seperti cangkang yang bisa menampung kira-kira satu butir telur. Pempek kapal selam ini juga memiliki ukuran kecil yang biasa disebut pempek telur kecil, karena tidak sampai menampung satu butir telur.

3. Pempek adaan

Pempek Adaan (pempeklela.com)

Pempek adaan adalah jenis pempek yang memiliki bentuk bulat-bulat seperti bola golf. Adonan pempek adaan ini biasa dicampur dengan daun bawang sehingga lebih wangi.

4. Pempek kulit

Pempek Kulit (pempekampera.com)

Kalau pempek lainnya terbuat dari campurang tepung dan daging ikan, maka pempek yang satu ini terbuat dari adonan kulit ikan, seperti namanya. Karena itulah pempek ini memiliki tekstur yang lebih padat dan warna lebih gelap.

5. Pempek pistel

Pempek Pistel (tokopedia.com)

Pempek pistel ini memiliki bentuk yang sama dengan pempek kapal selam yang berukuran kecil atau disebut pempek telur kecil. Tetapi bukan berisikan telur, pempek pistel berisikan parutan pepaya muda yang sudah ditumis dan dibumbui. Agar lebih familiar, pempek pistel ini berbentuk seperti pastel dengan lintingan kecil-kecil di ujung adonan.

(anb)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak