5 Gedung Paling Eksentrik di Jakarta

Gedung paling eksentrik di Jakarta (jadiberita.com)

Berperan sebagai Ibukota negara Indonesia membuat Jakarta menjadi kota yang sangat mewah.Di kota ini terdapat banyak gedung-gedung pencakar langit yang sangat menarik perhatian mata. Bahkan kalau diperhatikan dengan seksama, ada beberapa gedung yang memiliki bangunan sangat indah dan antimainstream lho. Kalau kamu nggak sadar, nih JadiBerita akan infokan 5 gedung paling eksentrik di Jakarta:

1. Uob plaza

UOB Plaza (flirck.com)

Gedung yang berdiri di Jalan MH. Thamrin yang memiliki 44 lantai ini memiliki desain eksterior yang sangat unik. Gedung UOB Plaza ini terlihat seperti tumpukan lego di antara bangunan-bangunan tinggi nan terkesan kaku di sekitarnya.

2. Bakrie tower

Bakrie Tower (wikimedia.org)

Dengan ketinggian 217 meter, Bakrie Tower memiliki arsitektur twisting atau struktur yang berputar pada sumbu gedung. Seni arsitektur ini menjadikan pola gedung laksana berputar dengan menjadikan setiap lantai ada pergeseran sekitar 0,47° atau sekitar 15cm. Pergeseran struktur bangunan tersebut terjadi pada tiga bagian  yaitu dari ground floor sampai dengan lantai 17 berputar ke kanan. Diteruskan  lantai 17 sampai lantai 33 berputar ke kiri, kemudian dari lantai 33 hingga lantai 48  berputar kembali ke kanan.

3. Menara palma

Menara Palma (baminternational.com)

Gedung yang berada di kawasan Rasuna Said ini memiliki bentuk seperti huruf A, dengan tampak depan. 2 sisi miring di samping kanan dan kiri menggunakan kaca biru dan sisi trapesium di tengah menggunakan kaca hitam. Sisi kiri yang tampak lebih panjang dari sisi kanan semakin memberi kesan asimetris.

4. Menara karya

Menara Karya (arquitectonica.com)

Masih di kawasan Rasuna Said, gedung Menara Karya ini tampak seperti sculpture yang tidak konvensional. Gedung ini menawarkan desain yang sangat unik nan elegan sebagai perkantoran, dimana sisi bawah lebih kecil dibandingkan sis atas. Kemudian pada satu lantai di bagian atas dibuat seperti keluar. Amazing!

5. Gedung kemendag

Gedung Kementerian Perdagangan (indesignindonesia.com)

Berlokasi di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, gedung kementerian perdagangan adalah gedung pemerintahan yang paling unik di antara gedung pemerintahan lainnya. Bentuknya yang modern dan ramah menghilangkan keangkuhan dan rasa kaku saat melihat bangunan pemerintah. Mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan bahwa proyeksi gedung kantor tampak depan seperti tangan menengadah ke depan, seperti pelayan yang siap melayani.

(anb)

Written by Anabel

Volume up, turn on the music~

Rahasia Melipat Baju Ala Mahasiswa UGM

Apa Kabar Pemain Kera Sakti Kini?