Menengok Pantai Drini, Pantai Tenang Yang Terkadang Garang


DSC_1572
Hamparan pasir putih dan tenangnya perairan Pantai Drini

Sebuah pantai dengan pulau mungil di bibir pantai sebagai pembelah antara daratan dan lautan. Pantai Drini memiliki dua karakter berbeda dimana bagian timur lebih tenang sedangan sisi barat dengan dempuran ombak yang garang. Lokasi tepatnya berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Memang tidak bisa dielakkan lagi bila daerah Gunungkidul kini resmi menjadi tujuan wisata air, mengingat jajaran pantainya yang memiliki ciri khas tersendiri antara satu dengan yang lainnya.

DSC_1588
Menikmati gulungan ombak diantara dua bukit karang

Akses menuju Pantai Drini

Suasana laut mulai tampak dekat ketika kami menyusuri jalanan mulus di Gunungkidul, sebuah pertanda jika pantai kian dekat. Setelah menempuh perjalanan dua jam berkendara dari Jogja, rasa lelah kami di jalan seolah terbayar lunas saat tiba di parkiran Pantai Drini. Kala itu matahari masih cerah bertemankan langit biru nan indah. Tampak sebuah pulau karang ditengah samudera yang berdiri indah berhiaskan banyak tumbuh â?? tumbuhan. Hamparan pasir putih menyambut langkah kaki kami di Pantai Drini.

DSC_1551
Sang penenang ombak, Pulau karang bagian timur

Pantai yang memiliki Pulau Karang

Panti Drini ini menjadi salah satu pantai favorit di pesisir Gunungkidul karena memiliki pulau kecil di bagian tengahnya, sehingga membagi pantai menjadi dua sisi yang berbeda. Kabar yang beredar di pulau itu banyak ditumbuhi santigi, namun warga lebih sering menyebutnya drini. Maka dari itu pantai serta pulau kecil itu diberi nama drini.

Menapaki batuan karang yang menawan
Menapaki batuan karang yang menawan

Ketika perairan pantai sedang surut maka kita bisa menyebrang tanpa berbasah â?? basahan untuk naik ke pulau drini. Untuk menaikinya kami tidak perlu peralatan memanjat karena susunan tangga beton telah siap untuk dipijaki hingga bagian teratas.

DSC_1556
Jajaran gazebo Pantai Drini yang bentuknya menyerupai jamur

Saat kami berada diatas pemandangannya sungguh luar biasa indahnya, pandangan mata seolah menyisir setiap sudut Pantai Drini. Tampak jajaran kapal nelayan sedang terparkir rapi ditepian pantai, gunungan alang â?? alang atap gazebo, dan indahnya hamparan pasir putihnya. Semua yang dilihat tampak kecil layaknya sebuah miniatur dan jamur â?? jamuran. Namun di pulau ini sudah tak ada lagi pohon drini, yang hidup disini hanya pandan laut. Setiap jengkah tanah telah dipenuhi tanaman pandan yang juga hidup berdampingan dengan rerumputan.

DSC_1550
Himbauan pengunjung dilarang berenang ke arah laut

Pantai dengan bath tub raksasa

Dibagian timur pantai tampak barisan tebing â?? tebing berbalut tanaman hijau berdiri gagah menjadi pembatas lautan. Bersandingan dengan pulau drini menjadikan bagian tengah tampak sebagai laguna. Bagian tepi pantai yang terjaga dari amukan ombak menjadi sasaran para pengunjung untuk menikmati mandi hangat air asin disini. Rasanya bak memasuki bath tub raksasa, disinilah kami berendam melepas penat selama kehidupan di kota.

Perairan disini tampak biru kehijauan dikelilingi oleh dinding serta pulau karang, beratapkan langit biru, ditambah dengan pemandangan hamparan laut lepas menjadikan kami betah untuk berlama â?? lama disini. Beberapa ikan tampak berlari kesama kemari di sela â?? sela karang, segerombolan ikan goby pasir, sergeant major dan jambrong tampak sepintas saling berkejaran.

DSC_1614
Mengintip pemandangan Pantai Drini dari parkiran kendaraan

Mengenal warga sekitar Pantai Drini

Pantai drini adalah kampungnya nelayan tradisional, beberapa nelayan juga tampak sibuk menebar jala guna menangkap ikan â?? ikan. Karakter ombak yang lumayan besar dan berhubungan langsung dengan samudera menjadi alasan utama para nelayan untuk menyambung hidup dengan aktifitas melaut. Nah, setelah melihat sibuknya aktifitas warga sekitar sudah saatnya kami beristirahat dan menikmati makanan berupa nasi goreng dan segelas es degan. Semilir angin pantai menambah syahdu suasana sore itu. Jika hendak melakukan ibadah shalat maka pergilah kearah utara pantai, tepat seberang jalan aspal ada sebuah masjid yang tampaknya belum lama dibangun.

DSC_1617
Mengintip parkiran kapal nelayan sekitar pantai

Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak