5 Film Hollywood yang Menyebut Tentang Indonesia


Hollywood sedang berekspansi mengembangkan industri film mereka di banyak negara, utamanya negara kawasan Asia. Penonton Asia yang jumlahnya miliaran menjadi pasar potensial bagi para produser film untuk melepas produk mereka. Salah satu pasar Asia yang dituju Hollywood adalah Indonesia. Sebenarnya, para penulis skenario di Hollywood telah lama mengenal Indonesia dan menilai bahwa Indonesia punya value untuk dimasukkan ke dalam cerita. Dilansir dari Muvilacom, Selasa (18/8/2015), berikut adalah 5 film Hollywood yang menyebut tentang Indonesia.

1. The Year of Living Dangerously

Adegan film The Year of Living Dangerously (Muvila)
Adegan film The Year of Living Dangerously (Muvila)

Film yang dibintangi Mel Gibson ini menceritakan tentang wartawan yang sedang bertugas di Jakarta ketika tahun 1965-1966. Dikisahkan saat itu, Indonesia sedang mengalami krisis politik dan ekonomi, sehingga Jakarta dalam filmnya digambarnya dalam keadaan tak aman, kacau, dan dilanda kelaparan.

2. Mission Impossible Rogue Nation

Adegan film Mission: Impossible - Rogue Nation (Muvila)
Adegan film Mission: Impossible – Rogue Nation (Muvila)

Tom Cruise masih berperan sebagai Ethan Hunt di sini. Dalam pengamatan Hunt, Kane adalah sosok yang berbahaya. Ia adalah dalang di balik insiden-insiden besar di seluruh dunia. Hunt mencatat bahwa Kane, penjahat dalam film ini, pernah pergi ke Jakarta dan mengakibatkan kecelakaan pesawat komersil dengan ratusan penumpang di dalamnya.

3. The Kingdom

5481379_20150815101707

Ibukota Indonesia juga disebut dalam film aksi yang dibintangi oleh Jamie Foxx (Ronald Fleury) dan Jennifer Garner (Janet Mayes) ini. Tokoh Fleury menyampaikan dugaannya bahwa aliran dana kelompok radikal mengalir dari Saudi Arabia ke Jakarta. Tidak disebutkan lagi detail lainnya. Dari sini diketahui kalau beberapa penulis cerita dan sineas Hollywood masih melihat Indonesia sebagai bagian dari jaringan terorisme internasional.

4. Alice in Wonderland

Adegan film Alice in Wonderland (Muvila)
Adegan film Alice in Wonderland (Muvila)

Alice yang terbangun dari mimpi buruk tak ingin ayahnya berpergian jauh karena ia ingin terus ditemani. Ayahnya kemudian menjawab bahwa ia harus melakukan perjalanan dinas ke Jakarta dalam waktu dekat. Tidak disebutkan apa profesi ayah Alice saat itu, akan tetapi penyebutan Jakarta dalam salah satu blockbuster pada tahun itu patut dibanggakan, karena Indonesia bukan lagi sarang teroris, melainkan negara yang potensial untuk para pekerja luar negeri.

5. Jumanji

Adegan film Jumanji (Muvila)
Adegan film Jumanji (Muvila)

Dalam salah satu adegannya, teman masa kecil Alan yang adalah seorang polisi heran melihat keadaan si Alan, karena keluar masih dengan menggunakan kostum ala Tarzan. Polisi itu bertanya kepada Alan apa yang telah dilakukannya selama 26 tahun ini. Alan membisu dan tak dapat menjawab pertanyaan polisi tersebut, maka si Judy kecil menyeletuk untuk menyelamatkan si Alan tersebut. Secara refleks ia mengatakan, â??Dia baru pulang dari korps perdamaian di Indonesia!â? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak