Toko Buku Termegah di Dunia Ada di Argentina


Toko buku di era teknologi seperti sekarang ini seperti sudah terkikis dan tergantikan dengan maraknya e-book yang menawarkan banyak kemudahan. Tapi meskipun penggunaan e-book sudah banyak, ternyata masih ada yang masih setia dengan buku fisik. Masih banyaknya pecinta buku fisik menjadikan toko buku yang ada di Buenos Aires, Argentina ini masih tetap berdiri kokoh.

El Ateneo Grand Splendid (www.atlasobscura.com)
El Ateneo Grand Splendid (www.atlasobscura.com)

El Ateneo Grand Splendid, toko buku yang menyandang predikat sebagai toko buku termegah di dunia ini ternyata sudah berdiri sejak abad ke-20, tepatnya pada tahun 1920.  El Ateneo Grand Splendid sebenarnya merupakan bekas gedung teater di masa lalu. Kini wajah bangunan ini telah berubah 180 derajat dari bentuk aslinya. Jajaran kursi-kursi penonton telah digantikan oleh deretan rak yang berisi buku-buku dari seluruh penjuru dunia.

Deretan buku di El-Ateneo-Grand-Splendid (motoryviajes.com)
Deretan buku di El-Ateneo-Grand-Splendid (motoryviajes.com)

Dilansir dari dailymail.uk, El Ateneo Grand Splendid yang memiliki arsitektur bangunan yang indah ini telah mengalami beberapa kali perubahan fungsi sejak awal berdirinya. Setelah digunakan sebagai gedung teater, bangunan ini kemudian dimanfaatkan sebagai bioskop. Saat itu, bioskop ini merupakan bioskop paling canggih yang telah melakukan pemutaran film bersuara pertama di Argentina.

Keberadaan bioskop tersebut nampaknya tidak bertahan lama. Krisis ekonomi yang melanda Argentina di tahun 1991 memaksa pengelola menutup gedung ini. Akhirnya, bangunan ini terbengkalai cukup lama dan direncanakan akan dibongkar. Namun rencana itu urung dilakukan karena di tahun 2000 seorang pemilik perusahaan penerbit Ilhsa Group membelinya.

Pilar-pilar di El Ateneo Grand Splendid (kayleighm8.wordpress.com)
Pilar-pilar di El Ateneo Grand Splendid (kayleighm8.wordpress.com)

Mereka pun merenovasi bangunan bekas bioskop tersebut dan mengubahnya menjadi sebuah toko buku dan musik. Deretan tempat duduk bioskop telah disingkirkan dan diganti dengan deretan rak yang menjajarkan buku dengan rapi. Meski melakukan renovasi, namun sebagian besar detail arsitekturnya tetap dipertahankan termasuk langit-langit gedung yang masih masih menyisakan lukisan yang begitu indah dipandang. Selain itu, pilar-pilar pahatan dan tirai panggung pertunjukan juga masih dipertahankan. Tetapi panggungnya telah disulap menjadi ruang membaca yang nyaman.

Berkat kemegahan dan keindahan arsitektur yang dimiliki toko buku El Ateneo Grand Splendid telah menjadi magnet bagi 1 juta pengunjung tiap tahunnya. Wah, jumlah yang sangat fantastis khan JBers! Para pengunjung bukan hanya berasal dari turis dalam negeri saja, tetapi dari mancanegara. Sebagian besar turis yang datang ke sini bukan hanya ingin mencari buku dan membelinya, tapi mereka juga datang berkunjung untuk menikmati kemegahan serta keindahan arsitekturnya. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke toko buku termegah di dunia ini JBers?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak