Enaknya Ragam Kuliner Seafood Khas Korea Selatan


Honghab Jjim (www.shinshine.com)

Korea Selatan memang terkenal kaya akan hasil lautnya. Tidak berbeda jauh dengan Jepang dan Indonesia, banyaknya hasil laut di Korea Selatan membuat beragamnya kuliner yang menggunakan bahan baku seafood. Orang Korea Selatan bukan hanya menyukai ikan laut, tapi juga berbagai macam seafood seperti kerang, gurita, cumi, serta udang. Bagi kamu penggemar kuliner Korea Selatan, tentunya kamu harus tahu tujuh ragam kuliner dengan bahan baku seafood khas Korea Selatan.

1. Jjambbong

Jjambbong (ohhsusanna.wordpress.com)
Jjambbong (ohhsusanna.wordpress.com)

Hidangan mie khas Korea Selatan yang paling populer selain jajangmyeon adalah jjambbong. Jjambbong adalah sup pedas berwarna merah yang dibuat dari campuran mie, daging, sayuran, dan seafood seperti ikan teri, ikan, udang, cumi-cumi, dan kerang. Karena banyak menggunakan merica dan cabai, maka aroma pedasnya sangat kuat dan juga menyengat. Untuk penggemar pedas, kamu wajib icip Jjambbong ini.

2. Miyeok Guk

Miyeok Guk (www.koreanbapsang.com)
Miyeok Guk (www.koreanbapsang.com)

Orang korea biasa menyantap Miyeok Guk atau sup rumput laut saat berulang tahun. Sup rumput laut biasa disajikan dengan tiram, kerang, landak laut, dan juga abalone. Miyeok Guk bukan hanya disantap saat berulang tahun saja, tapi juga bagus untuk wanita pasca melahirkan.

3. Honghab Jjim

Honghab Jjim (www.shinshine.com)
Honghab Jjim (www.shinshine.com)

Honghab Jjim adalah kerang remis yang direbus bersama dengan kuah lobak yang pedas dan mie soba. Hidangan ini nikmat dimakan kapanpun apalagi saat sedang musim hujan. Honghab Jjim menggunakan kerang remis karena banyak ditemukan di pesisir pantai Korea Selatan. Orang Korea Selatan biasa menggunakan tepung untuk menghilangkan pasirnya.

4. Jjukkumi Gui

Jjukkumi Gui (www.koreanbapsang.com)
Jjukkumi Gui (www.koreanbapsang.com)

Jjukkumi Gui merupakan salah satu hidangan yang terbuat dari bayi gurita. Gurita sendiri mempunyai tekstur yang kenyal sehingga membutuhkan ketelatenan dalam mengolah juga memakannya. Untuk itu, ada Jjukkumi Gui yang menggunakan bayi gurita untuk bahan dasarnya. Tidak seperti gurita dewasa, daging bayi gurita ini sangat lembut sehingga mudah diolah dan dimakan.

5. Saeng Sun Jun

Saeng Sun Jun (blog.daum.net)
Saeng Sun Jun (blog.daum.net)

Orang Korea Selatan lebih suka memasak ikan dengan cara menggorengnya secara utuh. Saeng Sun Jun merupakan hidangang dengan ikan kakap yang dibumbui dengan tepung maizena, cabai, dan daun bawang lalu digoreng dengan minyal kanola. Setelah digoreng ikan bisa dinikmati dengan saus wijen dan nasi putih yang hangat.

6. Myulchi Bokkeum

Myulchi Bokkeum (www.koreanbapsang.com)
Myulchi Bokkeum (www.koreanbapsang.com)

Myulchi Bokkeum merupakan olahan ikan teri yang dimasak dengan cara ditumis. Untuk campurannya, kamu bisa menggunakan gula merah, pasta cabai, minyak zaitun, biji wijen, gula, dan air sebelum di tumis. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping.

7. Kkot Gae Tang

Kkot Gae Tang (www.ispeedfood.co.kr)
Kkot Gae Tang (www.ispeedfood.co.kr)

Kkot Gae Tang adalah sup pedas yang menggunakan kepiting sebagai bahan utamanya. Hidangan ini dilengkapi dengan sayuran. Meski penampilannya terlihat mewah, namun sebenarnya Kkot Gae Tang sangat mudah dibuat. Kepiting biru adalah jenis yang paling digemari untuk membuat hidangan ini. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak