5 Makanan Khas Tahun Baru yang Ada di Negeri Sakura

Soba (tokyobling.wordpress.com)

Tahun baru tinggal menghitung hari nih JBers. Tahun baru menjadi budaya perayaan yang disambut oleh semua orang di dunia, termasuk Jepang. Di Jepang, ada kebiasaan menghidangkan makanan khas tahun baru yang menjadi tradisi turun temurun. Makanan yang dihidangkan beragam dan sangat identik dengan tahun baru. JadiBerita punya lima makanan khas tahun baru yang ada di Jepang, yaitu:

1. Mochi

Mochi (ceritaperut.com)
Mochi (ceritaperut.com)

Cemilan yang satu ini merupakan makanan khas tahun baru. Acara menumbuk mochi (mochitsuki)  dijadikan tradisi menjelang pergantian tahun. Mochi yang terbuat dari beras ketan dijadikan pengganti nasi selama tahun baru. Selain untuk dimakan, mochi juga digunakan sebagai hiasan tahun baru yang disebut Kagami Mochi. Kagami memiliki arti cermin yang menunjukkan bulatan cermin. Kagami mochi dibuat dengan menyusun dua buah mochi berukuran bulat lalu ditambah sebuah jeruk sebagai hiasan di atasnya. Dua buah bulatan mochi ini melambangkan tahun lama dan tahun baru atau pertanda baik yin yang.

2. Nanakusa

Nanakusa (www.japanfoodstyle.com)
Nanakusa (www.japanfoodstyle.com)

Nanakusa (tujuh rumput) merupakan bubur yang dimasak dengan tujuh jenis sayuran (beras, jewawut, proso milet, echinochloa esculenta, kacang azuki, beckmannia syzigacne, wijen) yang diberi sedikit garam dan rumput-rumputan. Bubur ini dimakan saat penutupan perayaan tahun baru, yaitu sekitar tanggal 7 Januari agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan-makanan tahun baru. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa bubur ini juga bisa menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.

3. Soba

Soba (tokyobling.wordpress.com)
Soba (tokyobling.wordpress.com)

Soba merupakan salah satu mie khas Jepang yang dibuat dari tepung buckwheat yang digiling dengan tangan menggunakan penggilingan dari batu bundar yang dapat diputar. Pada Oomisoka atau malam tahun baru, orang Jepang memiliki tradisi memakan Soba. Tradisi ini dinamakan Toshikoshi Soba. Kepercayaan disana mengatakan dengan memakan soba, tahun baru dapat dilalui dengan lancar tanpa suatu halangan apapun.

4. Osechi Ryori

Osechi ryori merupakan makanan Jepang khas tahun baru. Makanan ini cuma ada setahun sekali ketika awal pergantian tahun. Osechi ryori terbagi jadi 2 bagian yaitu makanan dan Jubako (box kemasan tempat makanan, biasanya berwarna-warni) Makanan yang ada di dalamnya pun memiliki banyak arti misalnya untuk kesehatan, kesuburan, panen yang melimpah, panjang umur, kebahagiaan, dan lain-lain.

5. Konbu

Konbu (www.studiokitchen.com)
Konbu (www.studiokitchen.com)

Konbu adalah jenis rumput laut yang melambangkan yorokobi atau sukacita. Konbu biasanya dibuat menjadi bahan pembuat sushi bersama dengan ikan haring yang melambangkan kazunoko (Kazu berarti jumlah dan ko berarti anak), yaitu harapan agar diberkati banyak anak di tahun mendatang. (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

Spot Kembang Api di Indonesia Paling Gemerlap di Tahun Baru

5 Film yang Cocok Menemani Malam Tahun Barumu