5 Rumah dengan Desain Paling Nyentrik di Indonesia


Selain menyimpan budaya yang banyak sekali jumlahnya, di Indonesia juga banyak terdapat bangunan yang bisa diibilang berbentuk unik dan tak biasa, sehingga terlihat bangunan itu seperti ada di luar negeri. Dilansir dari Unikbacacom, Senin (28/12/2015), berikut adalah 5 bangunan unik yang ada di Indonesia.

1. Rumah Domes

Rumah domes (Kaskus)
Rumah domes (Kaskus)

Rumah domes terdapat di perkampungan domes New Nglepen, Yogyakarta. Di perkampungan ini terdapat rumah-rumah putih berbentuk kubah atau setengah bola yang dirancang sebagai perumahan tahan gempa. Warga di sekitar menyebut rumah domes ini sebagai rumah Teletubbies.

2. Rumah pohon

Rumah pohon (Kaskus)
Rumah pohon (Kaskus)

Di Papua, suku Korowai membangun rumah mereka di atas pohon. Beberapa rumah mereka bahkan bisa mencapai ketinggian sampai 50 meter dari permukaan tanah. Masyarakat adat Korowai dijuluki ‘orang pohon’ karena selalu membuat rumah yang bertengger di atas pepohonan.

3. Gua Gala

Goa Gala (Kaskus)
Gua Gala (Kaskus)

Gua ini merupakan tempat tinggal dari seorang pertapa yang bernama Made Byasa yang dibuat selama sekitar 15 tahun dengan peralatan yang sederhana, menjadikannya sebagai rumah tinggal di bawah tanah dalam liang batu kapur. Gua Gala terletak di Nusa Lembongan, Bali. Seperti rumah pada umumnya, dalam rumah tinggal Made Byasa ini terdapat ruang tamu, dua buah kamar tidur, kamar mandi, sumur dan dua buah dapur.

4. Istana Wong Sintinx

Istana Wong Sintinx (Merdeka)
Istana Wong Sintinx (Merdeka)

Rumah yang terletak di Lubang Buaya, Jakarta Timur ini merupakan milik paranormal Ki Joko Bodo. Ki Joko Bodo memberi judul yang terpampang secara mencolok di dinding depan rumahnya dengan tajuk Istana Wong Sintinx (Istana Orang Gila). Rumah ini unik dengan kehadiran simbol burung hantu dan ular naga di bagian teratas.

5. Rumah Botol

Rumah botol (Kaskus)
Rumah botol (Kaskus)

Rumah yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi ini mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselenggarakan oleh BCI Asia. Rumah ini menghabiskan 30.000 botol bekas yang berdiri di atas tanah seluas 373 meter persegi, di kawasan Cigadung Selatan, Bandung. Selain ramah lingkungan, rumah botol juga berjasa dalam penghematan energi. Dindingnya yang terbuat dari kaca, membuat sinar matahari lebih mudah masuk sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak