Yuk Berkunjung ke Kota dengan Sumber Tenaga Listrik dari Keju


Sumber tenaga listrik pada umumnya berasal dari tenaga alam seperti air, angin, uap, panas bumi, atau dari bahan bakar seperti batu bara. Tapi hal yang unik justru muncul di sebuah kota kecil di Perancis. Kota ini menggunakan keju sebagai sumber tenaga listrik untuk memenuhi pasokan listrik rumah mereka setiap hari. Bagaimana bisa keju yang biasanya dijadikan santapan itu bisa berguna untuk menghasilkan arus listrik?

Albertville di Savoie (en.wikipedia.com0
Albertville di Savoie (en.wikipedia.com0

Dilansir dari Telegraph, sebuah kota kecil yang bernama Albertville di Savoie, Perancis yang memanfaatkan keju untuk memproduksi listrik. Albertville terletak di bawah pegungungan Alpen yang sangat sejuk dan dingin. Albertville merupakan salah satu kota penghasil keju di Perancis. Keju yang dipakai untuk sumber tenaga listrik bukan sembarang keju, keju yang dipakai adalah jenis keju Beaufort yang merupakan keju khas dari daerah Alpen.

Keju menggerakkan generator (www.irishexaminer.com)
Keju menggerakkan generator (www.irishexaminer.com)

Keju Beaufort yang digunakan juga bukan keju mentah yang siap saji di meja makan loh JBers. Keju Beaufort yang digunakan untuk sumber tenaga listrik merupakan keju yang sudah difermentasikan. Terdapat berbagai proses dan pencampuran dengan gas metan dan karbon dioksida sebelum akhirnya keju tersebut menjadi sebuah biogas dan memproduksi listrik. Untuk lebih menyempurnakan penciptaan gas tersebut, dikembangkan juga bakteri khusus dalam keju.

Francois Decker seorang perwakilan dari perusahaan listrik Valbio yang memproduksi pembuatan listrik dari keju di kota Albertville ini mengatakan bahwa cara yang digunakannya untuk membuat keju tersebut mampu memproduksi listrik tidak jauh berbeda dengan resep sebuah yoghurt alami. Setelah menggunakan keju sebagai sumber tenaga listrik di Albertville, diakui para penduduk setempat bahwa kecukupan listrik mereka selalu terpenuhi.

Deretan keju untuk pembangkit tenaga listrik (www.independent.co.uk)
Deretan keju untuk pembangkit tenaga listrik (www.independent.co.uk)

Meski kota ini ternyata bukan satu-satunya kota di Perancis yang menggunakan keju sebagai sumber tenaga listrik, namun produksi listrik di Albertville merupakan produksi listrik terbesar yang ada di dunia. Coba saja kamu bayangkan JBers, tenaga listrik yang dihasilkan ini mampu mencukupi kebutuhan listrik sebanyak 1.500 rumah perharinya.

Sumber tenaga listrik dari keju ini memang sangat alami dan ramah lingkungan. Bagaimana kalau Indonesia juga menggunakan sumber tenaga listrik dari bahan-bahan makanan lainnya? Mungkin tempe bisa menjadi salah satu alternatif pengganti bahan baku keju. Menurutmu bagaimana JBers? (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak