Nikmatnya Mie Caluek, Spaghetti ala Aceh yang Jadi Berita


helloacehku.com

Aceh tak hanya terkenal dengan kekentalan nuansa Islami dan pemandangan alam yang menawan, kuliner di sana wajib kamu cicipi. Berbicara tentang kuliner Aceh tentu kamu akan membayangkan mie Aceh yang sangat terkenal sampai di seluruh Indonesia hingga dunia. Padahal makanan khas kota Serambi Mekah ini bukan hanya Mie Aceh.

Di Kabupaten Pidie, ada mie yang sangat terkenal kelezatannya, namanya Mie Caluek atau Mie Caluk yang kini menjadi menu favorit masyarakat Aceh. Umumnya mie yang digunakan untuk bahan dasar Mie Caluek adalah mie lidi, di mana bentuk mie-nya lebih besar dibanding mie kuning. Sehingga tidak heran jika Mie Caluek kadang suka disebut sebagai â??Spaghetti ala Acehâ??.

mblusuk.com

Mie Caluek menjadi makanan kesukaan banyak kalangan lantaran rasanya yang enak dan harganya yang murah meriah. Hanya lima ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati mie yang banyak di jual di pinggir-pinggir jalan di Pidie.

loveaceh.com

Tidaklah sulit mencari penjual Mie Caluek, umumnya pedagang Mie Caluek ini berjualan di pinggir jalan di pasar atau di tempat-tempat ramai. Uniknya, selain para penjual Mie Caluek tak hanya berjualan dengan gerobak, tapi ada juga yang berjualan di atas mobil pick up, di atas meja di depan toko-toko, dan juga ada yang memiliki kios kecil. Di Bulan Ramadhan biasanya penjual Mie Caluek meningkat dan ada hampir wilayah kota Banda Aceh.

Berbeda dengan mie Aceh yang langsung dimasak di tempat, Mie Caluek dibuat sendiri di rumah. Menjual Mie Caluek sama gampangnya seperti menjual pecal. Tinggal satukan saja bahan-bahannya, termasuk mie tentunya, lalu tambahkan saos kacang.Tak heran jika mie ini dinamakan Caluek yang dalam bahasa Aceh berarti memasukkan tangan ke dalam piring yang berisi makanan dan mengambilnya.

loveaceh.com

Ada empat jenis Mie Caluek, Mie Caluek pakai bumbu kacang, Mie Caluek pakai urap, Mie Caluek pakai tahu, dan Mie Caluek pakai tempe. Tak hanya itu saja, sausnya ada saus cabai halus atau bumbu kacang yang memberi sensasi gurih dan lezat. Ada juga yang sausnya dicampur kacang dan menggunakan kuah yang ditaburi sayuran. kamu tinggal pilih, sesuai dengan selera.

Penasaran dengan rasa spaghetti ala Aceh ini? Saat melintasi jalur lintas utara Aceh, jangan lupa mampir di Kecamatan Grong Grong dan nikmati Mie Caluek yang dibuat langsung oleh orang Pidie. Di pinggir jalan tempat lintasan kendaraan, ada banyak sekali penjaja Mie Caluek.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak