Kain Lurik Makin Hits, Jadi Incaran Para Artis

Indonesia terkenal memiliki warisan budaya yang beragam berupa kain tradisional, salah satunya adalah kain lurik. Kain tradisional ini banyak berkembang di Pulau Jawa khususnya di daerah Jepara, Jogjakarta, dan Solo. Lurik sendiri berasal dari bahasa Jawa, lorek yang memiliki arti garis-garis.

Kain lurik di zaman dulu memiliki fungsi sebagai status simbol dan sering digunakan dalam ritual keagamaan. Motif yang digunakan oleh golongan bangsawan pun berbeda dengan yang digunakan oleh rakyat biasa. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman, pengguna lurik kian berkurang.

Namun kini, eksistensi kain lurik perlahan-lahan bangkit kembali. Kain bermotif garis ini sedang naik daun. Beberapa perancang busana Indonesia ‘menyulap’ kain lurik menjadi suatu busana modern yang tetap mempertahankan unsur tradisional.

Beberapa selebritis ternama Indonesia, mengincar busana bermotif lurik. Berikut ini deretan  artis Indonesia yang tergila-gila batik lurik. Siapa tahu bisa jadi inspirasi berlebaran nanti.

 

1. Najwa Shihab

2. Tara Budiman

3. Tantri Namirah

• Hitam Putih Rabu. @tantrinamirah #lululutfilabibi

A post shared by LULU LUTFI LABIBI (@lululutfilabibi) on

4. Novita Angie

https://www.instagram.com/p/BEfddQQQgSn/

5. Nirina Zubir

7. Titi Kamal

8. Adinia Wirasti

Senja dan Dia. Sahabat. @adiniawrst #lululutfilabibi

A post shared by LULU LUTFI LABIBI (@lululutfilabibi) on

9. Raline Shah