5 Tips Pintar Membeli Oleh-oleh Saat Traveling

Saat pergi traveling, oleh-oleh alias buah tangan tak pernah luput dari perhatian kamu. Tak jarang banyak teman-teman serta saudara yang menitip oleh-oleh khas tempat yang akan kamu datangi. Tentunya akan ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas yang bisa kamu pilih. Saking banyaknya, terkadang kamu bisa kebingungan memilihnya. Namun, jangan kalap dulu JBers, kamu harus memperhatikan isi dompet kamu agar dompet kamu tidak kempes setelah membeli oleh-oleh. Terlepas dari budget oleh-oleh kamu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli oleh-oleh. JadiBerita akan memberikan lima tips pintar membeli oleh-oleh saat traveling, yaitu:

1. Menyiapkan Daftar List

List Belanja (themerrythought.com)
List Belanja (themerrythought.com)

Sebelum kamu pergi traveling, sebaiknya siapkan daftar list siapa saja orang-orang yang akan kamu berikan oleh-oleh. Masing-masing orang yang akan kamu berikan oleh-oleh tentunya juga berbeda-beda tergantung dari kesukaan orang tersebut. Misal, bagi yang suka makan akan kamu berikan oleh-oleh peralatan makan, bagi yang suka fashion akan kamu berikan kaus atau topi, dan lain sebagainya. Setelah kamu menyiapkan daftar listnya, kamu harus menghitung budget kamu. Kamu juga harus mengira-ngira akan menghabiskan berapa budget yang harus kamu siapkan.

2. Cari Informasi

Mencari Informasi (www.bestchoiceschools.com)
Mencari Informasi (www.bestchoiceschools.com)

Setelah menyipkan daftar list, kamu harus mencari informasi tentang di mana tempat membeli oleh-oleh yang khas dan bagus dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kamu sudah terlanjur berada di tempat wisata, tanyalah pada pihak hotel atau penginapan setempat di mana tempat oleh-oleh yang paling sering diburu para wisatawan. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, kamu tidak perlu takut akan tertipu oleh harga atau membeli kucing dalam karung.

3. Teliti Sebelum Membeli

Teliti Sebelum Membeli (www.traveller.com.au)
Teliti Sebelum Membeli (www.traveller.com.au)

Saat sudah sampai di tempat yang menjual oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu mengecek oleh-oleh yang akan kamu beli. Jika kamu akan membeli oleh-oleh berupa makanan, jangan lupa lihat atau tanya tanggal kadaluarsanya. Kamu tak ingin khan kalau ternyata oleh-oleh makanan yang kamu bawa jadi basi dan tidak bisa dimakan saat kamu sampai di rumah. Jika kamu membeli oleh-oleh berupa barang atau benda, kamu harus mengecek apakah ada barang tersebut memiliki cacat atau tidak.

4. Selalu Bawa Kalkulator

Kalkulator (singleparents.about.com)
Kalkulator (singleparents.about.com)

Selalu bawa kalkulator saat kamu akan membeli oleh-oleh. Kalkulator akan memudahkan kamu meminta diskon atau menghitung jumlah harga belanjaan kamu sehingga kamu tak perlu takut tertipu. Kalkulator juga bisa memudahkan saat kamu mengalami kendala komunikasi membeli oleh-oleh di luar negeri. Supaya transaksi lebih lancar, kamu tinggal menunjukkan nominal angka yang ada di kalkulator.

5. Trik Menawar

Menawar Harga Barang (www.traveller.com.au)
Menawar Harga Barang (www.traveller.com.au)

Tradisi tawar menawar tak pernah luput dari transaksi jual beli. Jangan menerima begitu saja harga yang ditawarkan oleh penjual setempat. Tanyakan potongan harga jika kamu membeli dalam jumlah banyak alias lebih dari satu buah karena biasanya harganya jadi lebih murah. Jika kamu tak pandai melakukan tawar menawar, kamu bisa meminta pemandu wisata untuk membantu kamu menawar harga.

Sudah tahu khan JBers tips-tips pintar membeli oleh-oleh saat traveling. Pastikan untuk selalu mengatur budget oleh-oleh kamu. Jangan sampai kamu over budget dan kamu kehabisan uang saat traveling. Jadi belilah oleh-oleh dengan bijak. (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...