Mengintip 5 Dapur Rekaman Paling Legendaris di Dunia


Studio rekaman adalah tempat dimana musisi dan insan-insan musik menumpahkan segenap kreativitas mereka dalam bermusik untuk menciptakan karya. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 studio rekaman paling legendaris di dunia.

1. Abbey Road

Abbey Road (Matadornetwork)
Abbey Road (Matadornetwork)

Tempat ini adalah studio dimana lagu-lagu band legendaris, The Beatles, direkam. Saking terkenalnya, studio ini sudah seperti ikon kota London. Bahkan The Beatles mengabadikan studio ini dalam albumnya “Abbey Road” yang menampilkan cover keempat personil The Beatles berjalan di zebra cross.

2. Trident Studios

Trident Studios (Matadornetwork)
Trident Studios (Matadornetwork)

Studio yang satu ini menjadi saksi bisu untuk karya-karya dari band The Rolling Stone hingga Queen. Studio ini menjadi populer karena telah merekam 4 dari album pertama Queen, diantaranya “Queen” (1973), “Queen II” (1974), “Sheer Heart Attack” (1974), dan “A Night at the Opera” (1975). Ternyata beberapa track dari “White Album” milik The Beatles, seperti “Dear Prudence”, “Honey Pie”, “Savoy Truffle” dan “Martha My Dear” juga direkam di studio ini.

3. Studio One

Studio One (Matadornetwork)
Studio One (Matadornetwork)

Untuk studio yang satu ini, lokasinya ada di Jamaika. Kalo di Amerika ada Motown records, maka Jamaika punya Studio One, yang disebut-sebut sebagai “the Motown of Jamaica”. Musisi legendaris yang pernah rekaman di sini antara lain adalah The Skatalies dan Bob Marley.

4. Record Plant

Record Plant (Deep-purple)
Record Plant (Deep-purple)

Dibangun awalnya di New York, AS pada tahun 1968, dan kemudian mulai membuka cabang di beberapa negara bagian AS. Keunggulan dari The Record Plant ini sendiri adalah studio yang memberikan settingan studio sesuai dengan kenyamanan kepada musisinya, ketimbang settingan baku yang udah sesuai di era ’60an. Musisi yang pernah rekaman di studio ini antara lain adalah Jimi Hendrix dan John Lennon.

5. Sun Studios

Sun Studios (Matadornetwork)
Sun Studios (Matadornetwork)

Berlokasi di 706 Union Avenue di Memphis, Tennessee, studio ini didirikan oleh pionir rock n roll Sam Phillips di tahun 1950. Awalnya studio ini bernama Memphis Recording Services yang berbagi gedung dengan Sun Records sampai akhirnya digabung menjadi Sun Studios. Musisi legendaris yang pernah rekaman di sini antara lain adalah Elvis Presley dan Jerry Lee Lewis. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak