Don't be Captious

Basah-Basahan di Curug Sodong Sukabumi yang Segarkan Cuaca Hatimu

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Curug Sodong adalah salah satu air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah pemandangan alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang. Dinamakan â??sodongâ? karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai â??sodongâ?.

Air terjun ini memiliki nama lain selain Curug Sodong, yaitu Curug Kembar dan Curug Panganten. Nama tersebut disematkan pada air terjun ini karena memiliki aliran yang serupa atau kembar, dan mirip layaknya sepasang pengantin yang saling berpasangan. Keunikan dari air terjun ini lainnya adalah hembusan airnya yang cukup kuat, jadi jika kamu berada tepat didepan air terjunnya, maka bajumu akan cepat basah.

Air Terjun yang Penuh Mistis

Selain terkenal dengan keindahannya, ternyata Curug Sodong ini memiliki keunikan dari cerita rakyat yang berkembang di masyarakat mengenai air terjun ini. Mitos pertama diceritakan bahwa dahulu ditempat ini sering dipakai untuk mengetes ilmu kanuragan yang telah dipelajari oleh seseorang. Mereka yang ingin mengetes ilmu mereka harus memotong-motong bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian, tubuh mereka kemudian dihanyutkan dari puncak air terjun. Potongan tubuh tersebut konon akan bersatu kembali saat mencapai dasar air terjun. Dan saat tubuh itu bersatu kembali, maka ilmu yang dipelajari telah sempurna dan berhasil dipelajari.

Curug Sodong, Ciletuh Geopark
Curug Sodong, Ciletuh Geopark

Mitos kedua disebutkan bahwa sepasang kekasih yang belum menikah dilarang untuk berenang di danau kecil dari hasil tumpahan air terjun ini. Jika mitos ini dilanggar maka pasangan kekasih tersebut akan mati tenggelam. Hal ini konon pernah terjadi pada tahun 2000-an. Saat itu ada sepasang kekasih yang mencoba berenang di danau kecil Curug Sodong ini tiba-tiba tenggelam dan jasad mereka hilang. Setelah beberapa hari jasad mereka ditemukan tepat dibawah air terjun. Setelah jasad mereka diangkat, esok harinya air terjun tiba-tiba berhenti mengalir dan selama beberapa hari air terjun tersebut mengering seakan tak pernah ada air terjun disana.

Fasilitas Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebagai salah satu tempat wisata yang diandalkan di kawasan Ciletuh Geopark. Curug Sodong sudah memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet hingga beberapa warung kecil yang menjual beberapa makanan dan cemilan. Namun, ditempat ini belum tersedia musholla untuk kamu yang ingin melaksanakan ibadah shalat.

Tiket Masuk Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan keunikan dari air terjun kembar ini, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

Lokasi / Alamat Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Secara administratif, Curug Sodong ini berada di kawasan Ciletuh Geopark yang berlokasi di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Sebenarnya tak terlalu sulit untuk bisa menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, namun letak Ciletuh Geopark ini sangat jauh bila bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari Kota Sukabumi saja memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan. Perjalanan yang harus dilalui apabila bertolak dari Kota Jakarta atau Bandung adalah sekitar 8-10 jam perjalanan, tergantung dari kemacetan saat dijalan.

Curug Sodong, Ciletuh Geopark
Curug Sodong, Ciletuh Geopark

Untuk bisa tiba di kawasan Ciletuh Geopark bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Kini akses jalan menuju kawasan Ciletuh Geopark sudah sangat baik bila dibandingkan dengan dua tahun lalu. Namun di beberapa titik masih ditemui jalanan yang berlubang dan rusak parah, sehingga perlu kehati-hatian dalam berkendara agar kendaraan tidak selip atau pun terjatuh. Kawasan Ciletuh Geopark ini searah dengan rute menuju Pelabuhan Ratu atau pun Pantai Ujung Genteng.

Curug Sodong, Ciletuh Geopark
Curug Sodong, Ciletuh Geopark

Berikut adalah rute singkat yang bisa ditempuh untuk menuju kawasan Ciletuh Geopark jika bertolak dari arah Kota Bandung : Kota Bandung â?? Padalarang â?? Cipatat â?? Cianjur â?? Sukabumi â?? Jalan Pelabuhan â?? Jalan Cibatu â??Jalan Cijambe â?? Jalan Tegal Lega â?? Jalan Pelabuhan Ratu â?? Jampang Kulon â?? Jalan Waluran â?? Tamanjaya â?? Ciletuh Geopark.

Setelah berada di kawasan Desa Tamanjaya, rute selanjutnya adalah mengarahkan kendaraan menuju Desa Ciwaru dimana Curug Sodong ini berada. Dari Desa Tamanjaya yang terdapat kantor sekretariat PAPSI menuju Desa Ciwaru berjarak sekitar 7 km dengan akses yang menurun dan menanjak, serta di beberapa titik perjalanan jalan masih kurang mulus dan berbatu.

Curug Sodong, Ciletuh Geopark
Curug Sodong, Ciletuh Geopark

Gimana tertarik untuk datang ke Curug Sodong yang unik dan penuh mistis ini? Jangan lupa ajak partner travelingmu agar perjalanan yang kamu lalui semakin menyenangkan!. (jow)

Latest article