Wirang Drumming, Teknik Main Gitar Ciptaan Orang Indonesia


Alat musik gitar, seperti yang sudah diketahui secara umum, dimainkan dengan cara memetik senarnya untuk bisa menghasilkan bunyi. Teknik bermain gitar pun bermacam-macam. Namun, teknik yang satu ini bisa dibilang cukup kreatif. Bangganya lagi, teknik ini diciptakan oleh orang Indonesia. Teknik ini dinamakan Wirang Drumming.

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, Wirang Drumming adalah teknik bermain gitar yang termasuk ke dalam teknik FreeStyle Guitar, artinya cara bermain gitarnya tidak seperti umumnya dan bebas dilakukan oleh sang pemain gitarnya selama bisa menghasilkan nada. Teknik ini diciptakan oleh Fay Ehsan.

Fay Ehsan (YouTube)
Fay Ehsan (YouTube)

Lalu, kenapa diberi nama Wirang Drumming yang terdengar seperti nama Jawa? “Wirang” itu diambil dari Filosofi Jawa dari Macapat ke-12 yaitu Wirangrong, diambil kata Wirang karena unik namanya. Wirang juga bisa berarti “Kawirangan” yang berarti kekurangan atau “Wirang-Wirang” yang berarti banyak. Jadi Wirang Drumming merupakan teknik kekurangan yang banyak kelebihannya atau kelebihan yang banyak kekurangannya. Memang sedikit sulit untuk dimengerti. Bisa juga diartikan teknik ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sementara “Drumming” dari drumming ini karena pada teknik “Wirang Drumming” memiliki perkusif yang lebih kuat.

Meski terlihat rumit, rupanya untuk bisa memainkan gitar dengan teknik ini tidak seperti bermain gitar biasa yang membutuhkan belajar chord, karena kamu bisa mempelajari teknik ini tanpa belajar chord. Kamu cukup mempelajari teknik yang dinamakan Ostinato. Ostinato artinya tangan kanan dan kiri masing-masing membentuk pola permainan sendiri.

Fay Ehsan (YouTube)
Fay Ehsan (YouTube)

Setelah tahu tentang tekniknya, kini kita membahas sang pencipta tekniknya, yaitu Fay Ehsan. Fay Ehsan adalah pencetus atau pencipta asli Teknik Wirang Drumming ini. Dia pernah mengikuti salah satu audisi ajang pencarian bakat yang pernah ada di TV, sebut saja IMB. Banyak yang memberi tanggapan positif pada saat Fay Ehsan berada pada audisi IMB ini, sempat masuk ke semi final, namun kabarnya dia gugur karena kalah dalam perolehan SMS.

Bakat yang dimiliki Fay ini benar-benar bakat yang diciptakan dari nol, hingga pada akhirnya bisa menciptakan teknik sendiri. Karena teknik yang terbilang unik ini,  Fey dikabarkan pernah menjadi perwakilan Indonesia untuk tampil di Acara besar di Afrika, Zimbabwe.

Selain menciptakan lagu sendiri, Fay juga sempat mengcover lagu-lagu populer seperti lagu â??Payphoneâ? milik Maroon 5, atau â??Just Give Me a Reasonâ? milik Pink.

Kalau kamu penasaran dengan teknik Wirang Drumming, kamu bisa tonton video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
31
Love
OMG OMG
21
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak