Tak Kalah dari Kartun Jepang, 5 Film Animasi Karya Anak Bangsa Ini Super Keren


Bagi kamu yang tumbuh di tahun 90an atau 2000 awal, tentu telah dimanjakan oleh film-film kartun di Minggu pagi. Saat ini film kartun memang telah mulai tergerus dan hampir tak punya slot di televisi.

Namun, siapa bilang masyakarat Indonesia diam saja? Justru sebaliknya, anak bangsa mulai berlomba-lomba menyajikan tayangan kartun yang disuguhkan untuk anak-anak Indonesia. Beberapa film animasi anak bangsa malah sudah dilirik oleh orang asing, lho.

Berikut ini 5 film animasi karya Anak Bangsa yang keren abis.

Battle of Surabaya

https://youtu.be/j-aa2e8AEAA

Battle of Surabaya merupakan film animasi garapan studio animasi asal Yogyakarta, MSV Pictures. Film animasi karya sutradara Aryanto Yuniawan ini mengisahkan pertempuran arek-arek Suroboyo pada November 1945. Menariknya, film ini mendapat apresiasi dari raksasa film animasi dunia, Disney.

Dilansir dari Tribun, Disney disebut memberikan tiga opsi untuk MSV Pictures terkait hal tersebut. Pertama, Disney membeli proyek tersebut. Kedua, Disney membantu dalam mendistribusikan film Battle of Surabaya di jaringannya. Atau ketiga, Battle of Surabaya dapat tayang di Disney Channel layaknya Ipin dan Upin. Hebat, kan?

Binekon

Satu lagi karya anak Bangsa yang layak diapreasiasi. Yup, Binekon yang menampilkan ciri khas dan karekater Indonesia. Dalam episode pertamanya, film animasi karya pemuda Indonesia bernama Mardoko dah Haryadhi ini menampilkan 5 karakter lucu yang masing-masing mewakili 5 pulau besar di Indonesia yaitu PAPU (Papua), SULA (Sulawesi), KALE (Kalimantan), JABO (Jawa) dan SUMI (Sumatera).

Unsur-unsur lokal yang meliputi kerajinan tangan, satwa khas, senjata tradisional, makanan khas, dan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia akan membuat anak-anak mengenali dan menghargai nilai budaya bangsanya sendiri.

Wachtenstaad

https://youtu.be/brEikOBXJn8

 

WachtenStaad sebuah animasi karya Fajar Ramayel garapan Dawn Studio. Menceritakan tentang sebuah kota bernama WachtenStaad. Kota ini tidak pernah disinari matahari karena awan tebal yang menyelimuti kota tersebut.

Dikisahkan dalam film ini, ketiga anak dari kota WachtenStaad berpetualang untuk mencari tahu penyebabnya. Petualangan seru ketiga anak ini akan membawakan kamu pengalaman seru. Tak hanya itu saja, film ini pun akan memberikan banyak ilmu bagi anak-anak.

Garuda Riders, The Adventures of Wanara Trilogy

Garuda Riders mengisahkan Naradja, tokoh protagonis dari bangsa wanara sejenis monyet. Setting kisah ini adalah 1 milenium setelah kisah Ramayana di dunia bernama Varadwipa. Referensi pewayangan terasa kental di dalam kisah ini, mulai dari nama tokoh hingga istilah yang dipakai.

Animasi Garuda Riders merupakan bagian dari proyek besar The Adventures of Wanara yang intellectual property-nya dikelola oleh Animotion Academy untuk dibuat dalam media lain, baik komik interaktif maupun video game. Film ini merupakan visualisasi dari trilogi novel yang juga digarap terlebih dahulu.

Hebring

Dikisahkan Hebring adalah seorang pemuda bernama Heru yang secara tak sengaja menemukan sebuah kostum super. Dia pun menjelma menjadi pahlawan super tapi kocak untuk memberantas kejahatan dan menolong orang lain dari bahaya.

Film karya Andi Martin dan digarap bersama Main Motions Studio ini sukses memboyong penghargaan sebagai animasi terbaik yang diselenggarakan di Jepang. Ironisnya, walaupun laris manis di Negara Sakura, Hebring sama sekali tidak dilirik bangsanya sendiri.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak