Yang namanya mobil balap, sudah pasti ada pengemudi yang mengendalikan mobilnya di balik setir. Namun, berkat kemajuan teknologi, kini telah diciptakan mobil balap tanpa pengemudi alias bergerak sendiri. Mobil itu dikenal dengan nama Robocar.

Melihat bentuk Robocar ini, mungkin kamu bakal teringat dengan sebuah mobil mainan yang sempat boooming di Indonesia, yaitu Tamiya. Dilansir dari Mashable, Rabu (1/3/2017), mobil yang punya bentuk futuristik ini memang sengaja didesain untuk ajang Roborace. Roborace sendiri adalah kelas baru Formula Electronic (FE) atau balapan mobil formula bertenaga listrik yang akan memperkenalkan kategori tanpa pengemudi atau driveless.

Robocar (Mashable)

Di balapan ini, semuanya akan serba elektrik dengan spesifikasi sama di antara semua peserta. Tim peserta hanya boleh memodifikasi software atau piranti lunaknya aja dalam ajang ini. Balapan ini nantinya akan berlangsung satu jam penuh dan akan diselenggarakan dua jam sebelum seri FE atau ePrix. Roborace ini sendiri difokuskan pada mobil futuristik dengan konsep tanpa kemudi yang punya tagline resmi â??Driverless teams competing in a Battle of Algorithmsâ??.

Selain keren, Robocar juga punya kemampuan yang tak kalah dengan mobil balap konvensional. Layaknya Mini 4WD, masing-masing roda pada Robocar memiliki tenaga motor hingga 300kW. Dengan tenaga sebesar ini, konon mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 320 km per jam. Buat mesin dan â??otaknyaâ?? sendiri, mobil ini menggunakan Nvidia Drive PX2 untuk mengatur sensor kamera dan sensor khusus pada mobil.

Robocar (Mashable)

CEO Formula Electronic (FE), Alejandro Agag, mengatakan bahwa filosofi seri balapan yang cukup unik ini akan selaras dengan visi pengembangan mobil di masa depan, yang ia gambarkan sebagai elektrik, terkoneksi, dan tanpa pengemudi.

Jika nantinya semua seri balapan menggunakan mobil tanpa pengemudi seperti ini, tentu saja jumlah korban kecelakaan di dalam sirkuit balap bisa diminimalisir. (tom)