Ilustrasi nikah (Islamidia)

Menikah adalah momen bahagia yang cuma terjadi sekali seumur hidup. Tak salah jika banyak orang ingin menjadikan momen itu paling berkesan dalam hidup mereka. Meski demikian, pernikahan bisa jadi hal yang menakutkan, karena ada pikiran bahwa menikah butuh biaya yang mahal, sehingga seseorang menunda-nunda untuk menikah padahal sudah memiliki pacar. Daripada tak kunjung nikah dan pacarnya keburu ditikung orang, ada baiknya kamu segera menikah. Lalu bagaimana dengan biayanya? Tenang, berikut ada trik agar pernikahan kamu bisa tetap berlangsung sederhana tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

1. Bikin konsep undangan unik

Undangan kreatif (Weddinginvitations21)

Undangan biasanya berbentuk persegi panjang dan menyerupai amplop. Biasanya, undangan semacam ini akan berakhir di tempat sampah, karena sudah biasa. Coba kamu bikin undangan yang unik, seperti misalnya gambar di atas, yaitu menggunakan kertas yang dibentuk mirip label pakaian. Selain lebih murah, undangan seperti ini bakal berkesan dan dikenang orang-orang daripada undangan konvensional. Atau kamu juga bisa menggunakan undangan dari medsos seperti Facebook atau Twitter, sehingga biaya untuk membuat undangan fisik bisa dikurangi khusus untuk orang-orang yang tak memiliki medsos.

2. Menyewa seragam

Seragam pernikahan (Myhoneygirl)

Seragam mungkin bukan masalah jika keluarganya bukan keluarga besar. Namun bagaimana jika keluarga pasangan kamu adalah keluarga besar? Tentu saja seragamnya juga harus banyak sesuai jumlah anggota keluarganya. Solusinya adalah kamu bisa menyewa seragam dari wedding organizer. Selain sewa, ada juga sistem lain yang sering disebut bikin-sewa. Lewat cara ini, kamu berkolaborasi dengan WO pilihanmu untuk membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhan pestamu. Namun kemudian, pakaian ini tidak kamu miliki melainkan akan diambil oleh pihak WO untuk disewakan ke klien mereka yang lain. Cara ini cukup bisa menghemat biaya, biasanya kamu hanya perlu membayar 50% saja dari ongkos total.

3. Konsep pernikahan outdoor

Akad outdoor (Instagram)

Harga untuk menyewa suatu gedung untuk pernikahan memang cukup membuat kantong bolong. Menyiasati hal ini, kamu bisa melangsungkan pernikahan outdoor. Tak ada salahnya kamu coba membuat pesta outdoor minimalist seperti di halaman, lapangan, kebun ataupun di sekitar rumahmu. Harga sewa lahan terbuka cenderung lebih terjangkau dibanding sewa gedung. Untuk dekor, kamu bisa gunakan bekerja sama dengan temanmu yang hobi menghias kamar. Pesta outdoor itu tak perlu dekor yang heboh. Asal propertinya unik, pestamu pasti akan dikenang.

4. Mengganti katering dengan pedagang jajanan langganan kamu

Bakso cinta (Kaskus)

Kamu bisa mencoba undang para pedagang jajan keliling kesukaanmu untuk mengambil bagian dalam pesta pernikahanmu. Kamu bisa negosiasi harga dengan mereka untuk mengisi stand makanan di pestamu. Pasti bakal lebih merakyat. Selain itu, pilihlah satu main course, dan perbanyaklah variasi camilan, kue kering, ataupun buah segar. Melakukan ini jauh lebih hemat dibandingkan menyewa jasa katering yang harganya nggak main-main.

5. Memberikan souvenir yang Murah dan berguna

Souvenir bibit sayur (Mewalik-jaya)

Sekarang, souvenir adalah barang yang tidak terpisahkan dari resepsi pernikahan. Benda satu ini diberikan sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih. Jadi pilihlah sesuatu yang bermanfaat, unik, dan akan meninggalkan kesan. Misalnya, kamu bisa berikan berbagai macam bibit tanaman, mug, atau tote bag. Kemaslah dengan cantik dalam bungkus yang eksklusif. Pastikan kamu tidak mencantumkan foto dan namamu terlalu besar, karena hal ini kadang membuat mereka segan untuk menyimpan souvenir yang kamu berikan.

Nah, sudah kebayang mau bikin pernikahan yang seperti apa? Apa pun konsep pernikahan yang JBers pakai, menikah itu tak selamanya mahal, asalkan kamu yakin bahwa si dia adalah pasangan hidup kamu. (tom)