Deretan Teknologi di Masa Depan, Saat Robot Menggantikan Banyak Peran Manusia


Robot (Flickr)

Seiring perkembangan zaman, teknologi kian berkembang pesat. Tentunya hal ini untuk memudahkan hidup manusia. Saking cepatnya teknologi berkembang, hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya pun dapat terjadi. Bahkan, sudah mulai banyak ditemukan robot-robot yang nantinya bisa menggantikan peran manusia dalam suatu pekerjaan. Teknologi apa saja yang bisa menggantikan peran manusia ini? Berikut teknologinya.

1. Mobil terbang

Ilustrasi mobil terbang (Pinterest)

Mengingat kita memiliki pesawat, hover car atau mobil terbang bukan hal yang mustahil. Banyak para orang pintar di Sillicon Valley kini tengah mengembangkan prototype dari mobil terbang. Jika berhasil diciptakan, mobil terbang bisa jadi solusi dari kemacetan. Bukan tak mungkin pula nantinya mobil terbang ini bakal bergerak secara otomatis tanpa memerlukan driver, seperti dalam film “Minority Report”. Kamu cukup duduk manis saja, dan kamu bakal sampai di tempat tujuan.

2. Artificial Intelligence (AI)

Ilustrasi AI (Pixabay)

Saat ini, teknologi artificial intelligence (AI)¬†sedang berkembang sangat pesat. Hampir semua smartphone kini sudah memiliki asisten pribadi berupa AI yang dapat memudahkan hidup kamu. Dan perkembangan AI sendiri sebetulnya sejalan dengan perkembangan robot.¬†AI adalah ‘otak’ yang membuat robot dapat menjadi lebih pintar. Bukan mustahil jika nanti tiap orang memiliki asisten pribadi berupa AI yang dapat berbicara layaknya manusia.

3. Moley

Robot Moley (YouTube)

Robot Moley digadang-gadang bakal menggantikan peran juru masak alias koki. Robot Moley ini diklaim bisa memasak makanan khas dari banyak daerah dan negara, dengan keahlian dan kecekatan yang presisi. Jika robot ini sudah diproduksi dalam jumlah besar, maka bisa dipastikan tak ada orang yang berprofesi sebagai juru masak, baik itu di restoran maupun juru masak pribadi.

4. Betty

Robot Betty (Birmingham)

Pekerjaan manajer kantor atau office manager juga terancam oleh adanya AI, karena ada Betty si robot pintar yang kini sedang diujicoba mengerjakan pekerjaan manajer kantor di Inggris, dan nampaknya hasilnya cukup baik. Dia bisa menyapa tamu-tamu dan karyawan, menelusuri jam kerja dan lembur karyawan, dan mengelola inventori kantor. Tak hanya bisa berkeliling menginspeksi kantor secara otomatis, Betty juga bisa tahu kalau seseorang telah mengambil stapler dari meja rekan kerjanya.

5. Ross

Robot Ross (Samacharplus)

Mungkin di masa depan orang atau perusahaan bisa merekrut robot pengacara untuk membela mereka di pengadilan. Pasalnya, kini sudah diciptakan robot yang tugasnya bagaikan seorang pengacara. Ross, sebuah robot pengacara, mampu menjawab pertanyaan di pengadilan dengan baik, melakukan riset, dan menganalisa kasus-kasus hukum terbaru untuk membantu kliennya memenangkan kasus.

6. FlatPi

FlatPi (Business-standard)

Saat ini perusahaan masih banyak menggunakan jasa headhunter atau merekrut staf HR rekrutmen untuk mencari dan menyeleksi calon karyawan terbaik. Namun dengan adanya FlatPi, hal itu bisa segera berubah. Teknologi ini mampu menyeleksi dan mendaftar kandidat dalam peringkat hanya dalam beberapa detik. Nantinya jika semua perusahaan menggunakan teknologi ini, maka orang yang tadinya bekerja sebagai HRD bakal kehilangan pekerjaan.

7. Babylon

Aplikasi Babylon (Netdna-cdn)

Siapa sangka profesi dokter dan staf medis juga menjadi salah satu yang terancam oleh teknologi. Sebuah robot medis bernama Babylon mampu mendiagnosa berbagai simptom dan berkomunikasi dengan pasien dalam bahasa yang sederhana. Robot ini juga mampu memantau kondisi kesehatan pasien, dan melakukan tindakan pencegahan agar penyakit tidak kambuh lagi.

Jika semua teknologi itu telah mendominasi dunia dan manusia banyak yang kehilangan pekerjaan, bukan tak mungkin manusia bakal punah dan digantikan robot. Bagaimana menurut JBers? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak