Ilustrasi presentasi kantor (Pxhere)

Presentasi selalu menjadi bagian dari sebuah pekerjaan profesional, dan bagi yang bekerja di kantor, nggak bakal bisa menghindar dari yang namanya presentasi. Beberapa dari kita mungkin menganggap ini adalah sebuah momok karena merasa nggak memiliki kemampuan yang cakap saat berbicara di depan umum. Rasa percaya diri yang tinggi untuk menyukseskan presentasi pun nggak dimiliki semua orang. Jika kamu ingin presentasi kamu berkesan di kantor, kamu bisa coba 5 tips berikut ini.

1. Pakai cerita

Ilustrasi presentasi kantor (Wikimedia)

Semua orang menyukai cerita dan ini menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian audiens. Gunakan sebuah cerita untuk mengajukan ide atau produk baru ke tim dengan menggiring pemikiran mereka melalui cara kita menyampaikan cerita. Susun menjadi sebuah masalah, gunakan klimaks, dan sisipkan solusi. Kita bisa menggunakan analogi ataupun pengalaman pribadi sebagai bahan cerita.

2. Pakai aturan Powerpoint 10/20/30

Powerpoint (Pexels)

Slide powerpoint adalah aset besar dalam sebuah presentasi. Namun seringkali kita tidak bisa menggunakannya secara efektif. Ingatlah aturan 10/20/30. Maksud dari angka-angka itu adalah sepuluh slide, kurang dari dua puluh menit, dan nggak mengandung huruf yang lebih kecil dari tiga puluh poin.

3. Ciptakan ‘panggung’

Ilustrasi percaya diri (Pxhere)

Selain memiliki presentasi yang luar biasa dan tayangan slide yang menarik, kita juga harus memelihara kepercayaan diri. Gunakan suara dan bahasa tubuh, atau bahkan kemampuan aktingmu untuk mewujudkannya. Berdirilah dengan tegak, buatlah diri kita “besar” dengan melebarkan dada serta postur berdiri yang benar. Jangan pernah menyilangkan tangan atau bergeser dari satu kaki ke kaki lainnya. Hadapi audiens dengan senyuman.

4. Jangan bicara terlalu cepat

Ilustrasi presentasi kantor (Wikimedia)

Ingatlah untuk nggak berbicara terlalu cepat dan terburu-buru. Luangkan waktu dan jangan panik serta tunjukkan ketegasan dalam berbicara. Beri audiens waktu untuk merespon seperti bertepuk tangan atau sekedar anggukan dan tawa sebelum kita melanjutkan berbicara.

5. Sering-sering interaksi dengan audiens

Ilustrasi presentasi kantor (Wikimedia)

Interaksi adalah kunci untuk membangun kepercayaan audiens kita. Dengan berinteraksi penonton akan lebih mungkin terbujuk oleh argumen kita dan menyimpan informasinya. Ajukan pertanyaan, perhatikan tangan, dan lakukan kontak mata atau bahkan melempar lelucon.

Itulah 5 tips agar presentasi kamu di kantor bisa berkesan. Namun tetap, kamu perlu melakukan latihan agar presentasi kamu bisa lebih baik lagi. (tom)