Ciri Khas Negara Jerman – Jerman adalah negara modern, kosmopolitan dan inovatif. Ketika Anda hendak pindah ke Jerman maka banyak sekali keuntungan yang didapatkan sekaligus penting untuk mengenali kebudayaan mereka. Bagi pendatang mengenali kebudayaan sebagai ciri khas negara Jerman akan mempermudah soal adaptasi.

Tidak mudah untuk mengurus kepindahan ke negara Jerman baik bekerja atau melanjutkan pendidikan. Dokumen penting seperti visa dan lainnya perlu dipenuhi. Selain itu masalah biaya berbeda di setiap kota menjadi standar yang harus diketahui sejak awal sebagai persiapan.

Jika semua sudah dilalui dan disetujui oleh pemerintah, saatnya untuk mengenali lebih dalam tentang kebudayaan yang berbeda dengan Indonesia. Tentu Anda pernah mendengar banyak cerita tentang bagaimana kondisi Jerman. Setiap kota di Jerman terdengar sangat indah, megah dan juga bersih.

8 Ciri Khas Negara Jerman yang Harus Dikenali Pendatang

Lalu bagaimana rasanya hidup di Jerman? Berikut ini beberapa ciri khas tentang Jerman baik itu aturan dan budayanya? Ikuti beberapa penjelasannya berikut ini.

1. Mata Uang

Euro adalah jenis mata uang yang saat ini digunakan oleh Jerman. Anda mungkin sudah mengetahuinya jadi sebaiknya tukarkan uang terlebih dahulu dari Indonesia. Jika tidak Anda akan kesulitan untuk membeli setibanya di sana. Kartu kredit tidak banyak digunakan karena orang Jerman lebih suka dengan uang tunai.

2. Bahasa

Orang Jerman menggunakan bahasa Jerman. Mereka juga menggunakan bahasa Inggris namun tidak sepenuhnya. Penting untuk mempelajari bahasa Jerman dasar sebelum keberangkatan. Anda harus mengenali bagaimana cara untuk menyapa pertama kali dan gesture yang diungkapkan untuk menunjukan sifat ramah. Lanjutkan untuk mempelajari tata bahasa Jerman selama Anda tinggal di sana.

3. Damai dan Sunyi

Kota di Jerman cukup sibuk dibandingkan dengan tempat lainnya. Secara umum walaupun sibuk masyarakat tetap terlihat damai dan cukup sunyi. Anda akan melihat keadaan ini kemanapun pergi. Kecuali Anda mendatangi klub malam dengan musik techno. Orang Jerman suka dengan kesunyian sehingga tingkat korupsi sangat rendah. Tidak sulit menemukan pekerjaan di Jerman.

4. Orang Jerman Menyukai Aturan

Bagian ini terdengar seperti stereotip namun orang Jerman sangat mematuhi aturan. Mereka memiliki hukum tertulis dan tidak tertulis dan selalu dipatuhi secara religius. Jika Anda melakukan kesalahan mereka tidak akan melepaskannya. Cobalah untuk menyebrangi jalan tidak sesuai dengan lampu lalu lintas. Seseorang akan mencoba menghentikan Anda atau justru memarahi.

5. Pekerja Selalu Dihargai

Setiap pekerja selalu dinilai dengan baik di Jerman. Jika di Indonesia pekerja tidak terlalu dianggap bahkan jenis pekerjaan sekecil apapun, namun tidak di Jerman. Setiap karyawan memiliki banyak organisasi yang akan melindungi hak mereka dan jika seseorang mengalami masalah seseorang akan mendengarkannya. Sebagai karyawan Anda tidak akan dieksploitasi dan mendapatkan dihormati oleh atasan.

6. Membeli Perabotan Sendiri

Jika Anda terbiasa untuk pindah di sebuah apartemen yang sudah penuh dengan furniture maka tidak di Jerman. Anda akan melihatnya cukup aneh karena ketika menyewa sebuah apartemen yang didapatkan adalah ruangan kosong. Bersiaplah untuk membeli perabotan sendiri di masing-masing ruangan. Artinya lebih banyak budget yang harus dipersiapkan.

7. Transportasi Umum

Orang Jerman sangat mematuhi aturan, sehingga semua alat transportasi baik itu bus dan kereta selalu tepat waktu. Semua alat transportasi selalu terawat dan bersih. Contoh yang sangat baik untuk negara berkembang karena banyak sekali masyarakat Jerman yang menggunakannya.

8. Fasilitas untuk Bersepeda

Semua jalan di Jerman dibangun untuk berbagai macam alat transportasi. Baik itu untuk pejalan kaki dan juga orang yang menggunakan sepeda. Setiap jalan selalu memiliki fasilitas jalan khusus yang digunakan untuk pesepeda dan ini adalah alat transportasi paling murah. (jow)