Anda gemar membaca? Maka sudah pasti tujuan utama Anda adalah perpustakaan. Berikut adalah 5 perpustakaan terbesar di dunia yang patut untuk Anda kunjungi, dilansir dari Merdeka, Jumat (18/4/2014).

1. British Library, London, Inggris

British Library
British Library

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia. Koleksi perpustakaan nasional Inggris ini mencakup sekitar 14 juta buku, serta manuskrip dan benda-benda bersejarah yang berasal dari tahun 2000 SM.

2. Library of Congress, Washington D.C., Amerika Serikat

Library of Congress
Library of Congress

Library of Congress secara de facto merupakan perpustakaan nasional Amerika Serikat, namun perpustakaan riset ini juga secara resmi melayani Kongres Amerika Serikat. Jumlah total koleksi perpustakaan ini mencapai sekitar 158 juta item.

3. New York Public Library, New York, Amerika Serikat

New York Public Library
New York Public Library

Perpustakaan ini memiliki sekitar 53,1 juta item yang menjadikannya perpustakaan umum terbesar kedua di Amerika Serikat dan juga terbesar ketiga di dunia. Ditambah lagi perpustakaan ini juga dipilih sebagai salah satu dari lima perpustakaan terpenting di Amerika Serikat.

4. Russian State Library, Moskow, Rusia

Russian State Library
Russian State Library

Russian State Library merupakan perpustakaan nasional Rusia serta merupakan perpustakaan terbesar keempat di dunia. Berlokasi di Moskow, perpustakaan yang didirikan pada 1862 ini memiliki sekitar 44,4 juta item. Sejak tahun 1925, perpustakaan ini dinamakan V. I. Lenin State Library dan pada tahun 1992, nama perpustakaan ini diubah menjadi Russian State Library.

5. National Diet Library, Tokyo dan Kyoto, Jepang

National Diet Library
National Diet Library

Dibangun pada tahun 1948, National Diet Library adalah satu-satunya perpustakaan nasional di Jepang yang berada di Tokyo dan Kyoto. Koleksi perpustakaan ini mencapai 35,6 juta item dan mempekerjakan sebanyak 908 orang staf. (tom)