Bahagia merupakan hal sederhana yang bisa membuat seseorang menjadi lebih tentram dan tenang dalam menjalani hidup. Bahagia membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan selalu termotivasi. Tapi hidup terkadang tak berjalan mulus seperti yang kita inginkan, terkadang ada masalah yang harus kita hadapi dan membuat kebahagiaan itu sirna.

Tapi jangan buru-buru menggerutu ketika menghadapi masalah. Sebisa mungkin hadapiĀ itu dengan tenang agar kita tak merasa hidup kita penuh kesialan. Berikut ini ada tips agar sellau merasa bahagia dalam menajalni kehidupan yang berat.

1. Selalu Bersyukur

Ketika menghadapi masalah, cobalah selalu bersyukur. Bersyukur kita masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bersyukur bahwa nasib kita masih lebih baik daripada orang diluar sana yang tidak memiliki rumah atau pekerjaan dalam hidupnya. Perbanyaklah bersyukur pada Tuhan YME.

2. Ikhlas

Setelah bisa bersyukur akan kehidupan yang kita miliki. Kedua adalah ikhlas. Ikhlas pada apapun yang menimpa kita. Jangan buru-buru berburuk sangka pada masalah yang menimpa Anda. Mungkin saja masalah yang Anda hadapi akan membawa Anda pada kebahagiaan yang belum pernah Anda temukan.

3. Berbagi

Hidup kita akan lebih bermanfaat jika kita mau berbagi pada sesama. Berbagilah meskipun jumlahnya tidak banyak. Berbagilah walaupun Anda merasa diri Anda belum kaya. Melalui berbagi, kita pun akan memperoleh sesuatu yang lebih berharga dan membantu orang lain untuk tersenyum.

4. Tersenyum

Tersenyumlah meski keadaan yang berat menghampiri Anda. Setidaknya dengan tersenyum Anda bisa menghibur diri sendiri dan orang lain. Tak ada salahnya tersenyum meskipun sedikit. Karena dengan tersenyum Anda bisa berbagi kebahagiaan juga dengan orang lain.

Seberapapun kesulitan yang Anda hadapi, jangan lupa untuk berbahagia meskipun dari hal-hal yang kecil. Kebahagiaan merupakan hak semua orang termasuk Anda.(dea)