Perpustakaan terkadang dianggap sebagai tempatnya orang-orang cupu, dan nggak gaul. Karena anggapan bahwa perpustakaan itu membosankan, tidak menarik, tempat sunyi dimana orang tidak diperkenankan mengobrol. Tetapi ada, lho, perpustakaan yang sangat nyaman, terasa seperti rumah sendiri. Ini dia 5 perpustakaan terbaik di Jakarta versi JadiBerita:

1. Perpustakaan Nasional RI

Lokasi perpustakaan nasional ini terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat, bersebelahan dengan gedung Kementerian Sosial RI. Terdiri dari 8 lantai, perpustakaan ini menyediakan berbagai buku untuk referensimu. Untuk siklus peminjaman di perpustakaan ini memang agak sulit, karena tidak bisa memilih buku sendiri, melainkan menggunakan bon permintaan yang diisi sesuai dengan kebutuhan dan akan diambilkan oleh petugas. Namun, yang menjadi nilai tambah perpustakaan ini adalah wifi-nya. Kencang sekali, lho, wifi-nya. Kamu juga suka cari wifi gratis, kan?

2. Perpustakaan Umum Daerah DKI Jakarta

Perpustakaan daerah DKI Jakarta memang banyak, hampir disetiap kota madya memiliki perpustakaan daerah. Namun, perpustakaan daerah DKI Jakarta yang terbaik adalah yang terletak di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini memang tidak menempati satu gedung secara keseluruhan, hanya menempati lantai 7 dan 8, namun koleksi buku cukup lengkap, mulai dari buku pelajaran dan fiksi di lantai 7, ada juga majalah-majalah di lantai 8. Selain itu, di lantai 7 juga terdapat kawasan bermain dan belajar untuk anak-anak. Di perpustakaan ini, tidak dikenakan sanksi komersial untuk keterlambatan mengembalikan pinjaman buku. Melainkan sanksi yang lebih memberi efek jera, yakni tidak dapat meminjam buku sesuai dengan keterlambatan pengembalian buku.

3. Perputakaan Umum Freedom Institute

Perpustakaan ini terletak di Jalan Proklamasi, Jakarta Selatan. Perpustakaan ini bisa kamu anggap sebagai rumahmu sendiri. Kenapa? Karena perpustakaan ini sangat nyaman sekali. Banyak tersedia sofa empuk untuk kamu duduki sambil membaca ataupun main laptop. Pendingin ruangannya juga memadai, bahkan nggak jarang kita justru akan kedinginan. Namun koleksi di perpustakaan ini didominasi oleh rumpun ilmu humaniora.

4. Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Perpustakaan milik Kementerian dan Kebudayaan RI terletak di kawasan Senayan. Menyatu dengan gedung Kemendikbud, perpustakaan ini terletak di lantai dasar sebelah utara kementerian ini. Perpustkaan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, terdapat pula ruang audio-visual yang menyediakan berbagai koleksi dari terdahulu hingga kini, terdapat pula koleksi animasi untuk edukasi anak-anak.

5. Perpustakaan Japan Foundation

The Japan Foundation (JF) didirikan pada tahun 1972 sebagai sebuah badan hukum yang bertujuan untuk mempromosikan kegiatan pertukaran kebudayaan antara Jepang dengan negara-negara lain di dunia. JF terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. JF memiliki perpustakaan yang disebut Perpustakaan Japan Foundation. Perpustakaan ini lah yang menempati peringkat kedua sebagai perpustakaan terbaik di Jakarta.

(anb)