Selain memiliki keberagaman budaya dan keindahan alam, Indonesia juga dikarunia berbagai satwa yang mendiami tanah Bumi Pertiwi. Untuk menjaga dan melestarikan satwa-satwa tersebut, di Indonesia banyak dibangun suaka marga satwa ataupun kebun binatang. Tetapi, kebun binatang yang ada di Indonesia tidak hanya merawat hewan-hewan dari Indonesia saja, ada beberapa spesies dari berbagai dunia. Nah, dikutip dari berbagai sumber, kali ini JadiBerita akan berbagi informasi mengenai kebun binatang terbaik yang ada di Indonesia:

1. Batu Secret zoo

Museum Batu Secret Zoo (berbagai sumber)
Atraksi Lumba-lumba di Batu Secret Zoo (panduanwisata.id)

Kebun binatang ini adalah salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia. Kebun binatang yang berada di Malang, Jawa Timur ini menampilkan konsep modern zoo. Di kebun binatang ini terdapat lebih dari 45 spesies hewan yang ada di dunia. Di sini selain terdapat kebun binatang, tersedia juga tempat rekreasi lainnya seperi museum, hotel, wahana bermain anak dan sebagainya. Dengan konsep modern dan terbuka membuat pengnjung sekaligus stwa di sana merasa nyaman.

2. Bali safari and marine park

Berkeliling dengan kereta di Bali Safari (balidriverandvilla.com)
Berkeliling Bali Safari dengan gajah (balivoucher.info)

Terletak di Bali, kebun binatang ini bisa dibilang menakjubkan dengan konsep Afrika dan suguhan berbagai macam hewan, yakni lebih dari 50 spesies satwa dari berbagai belahan bumi. Terdapat juga hotel yang bertema Lodge yang bernama Mara River Safari Lodge. Kebun Binatang Bali Safari and Marine Park ini bisa diberikan predikat sebagai best quality.

3. Taman safari indonesia

Taman Safari Indonesia (berbagai sumber)

Kamu pasti sudah sering mendengar Taman Safari Indonesia, kan? Kebun binatang ini mendapat predikat best animal collection, kenapa? Karena di kebun binatang ini terdapat lebih dari 200 spesies satwa yang ada di dunia. Selain itu, Taman Safari Indonesia juga seringkali memenghadirkan berbagai show hewan-hewan yang menarik.

4. Ragunan

Kebun Bintang Ragunan (berbagai sumber)

Siapa yang tidak tahu dan belum pernah ke kebun binatang yang satu ini? Kebun binatang yang berada di Jakarta Selatan ini tergolong tempat rekreasi yang sangat murah. Tetapi, meskipun murah tidak menurunkan kualitas kebun binatang ini, lho. Di kebun binatang Ragunan ini terdapat Pusat Primata Schmutzer.

5. Gembira loka zoo

Gerbang Gembira Loka Zoo (gembiralokazoo.com)

Berada di Yogyakarta, kebun binatang ini menyuguhkan konsep open-zoo yang ditambah dengan koleksi fauna dari berbagai belahan dunia. Gembira Loka Zoo diberikan predikat Best Zoo in Central Java and DIY.

(anb)