Ketika kamu pergi ke suatu tempat dengan kekasih, apakah kalian bergandengan tangan? Jika ya, apa yang kamu rasakan kala tanganmu di genggam oleh doi? Nyaman, tenang, dan senang bukan.

Bukan hanya perasaan itu saja, ternyata gandengan tangan dengan pacar memiliki manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini yuks.

1. Membuat Hubungan Lebih Awet

Gandengan Tangan (viva)
Gandengan Tangan (viva)

Ternyata, manfaat dari gandengan tangan dengan pacar yakni membuat hubungan asmara kalian lebih awet. Menurut ilmiah, gestur tubuh tersebut melepaskan hormon oksitosin yang memberikan manfaat untuk kesehatan. Selain penjelasan ilmiah, manfaat gandengan tangan mampu bikin hubungan langgeng. Ini berasal dari studi yang dipublikasikan Psychosomatic Medicine di Amerika. Berdasarkan studi itu, stimulasi sentuhan dapat meningkatkan oksitosin ke darah yang membuat hubungan cinta menjadi lebih kuat.

2. Mengurangi Stres

Gandengan Tangan dengan Pacar (blogspot)
Gandengan Tangan dengan Pacar (blogspot)

Apabila salah satu dari kalian sedang stres, cobalah bergandengan tangan. Dijamin perasaan berubah jadi tenang. Manfaat ini rupanya sudah diteliti oleh Dr. James A. Coan, seorang psikolog dari Universitas Virginia. Dr. James menjelaskan bahwa gestur saling bersentuhan tersebut dapat mempengaruhi hormon stres. “Efek dari gestur sederhana tersebut adalah untuk memberikan dukungan sehingga otak dan tubuh menjadi lebih lemas sehingga menurunnya level stres,” kata Dr. James.

3. Panjang Umur

Gandengan Tangan Bisa Kurangi Stress (okezone)
Gandengan Tangan dengan Pacar Bisa Panjang Umur (okezone)

Siapa sangka? Bergandengan tangan bisa membuat pasangan panjang umur. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Psychosomatic Medicine, bergandengan tangan dengan kekasih mampu menurunkan tekanan darah dan menghindari penyakit jantung. Itulah yang membuat kedua belah pihak bisa panjang umur.

4. Tanda Kesetiaan

Gandengan Tangan Tanda Setia (idws)
Gandengan Tangan Tanda Setia (idws)

Manfaat selanjutnya dari bergandengan tangan adalah tanda kesetiaan.Saat kamu dan pacar sedang jalan-jalan dan dia selalu menggandeng tangan kamu, itu artinya doi membuktikan bahwa dia tak ingin kehilangan kamu.

5. Meredakan Masalah

Gandengan Tangan Dapat Redakan Masalah (ciricara)
Gandengan Tangan Dapat Redakan Masalah (ciricara)

Meredakan masalah juga salah satu manfaat dari gandengan tangan dengan kekasih. Saat kamu dan dia terlibat pertengkaran, cobalah genggam tangannya sambil berkata bahwa semua akan baik-baik saja dan berusaha mencari solusi. Dengan begitu, pasangan akan merasa lebih tenang.

(nha)