Bagi seorang traveler sejati, perjalanan liburan selalu dirancang sedemikian rupa sehingga perjalanan akan berlangsung mulus dan tidak ada kendala-kendala sepele yang bisa mengganggu perjalanan. Bukan hanya persiapan secara materi saja, tetapi kamu juga harus mempersiapkan skill yang bisa sangat membantu kamu sebagai traveler. JadiBerita punya lima skill yang harus dimiliki para traveler, yaitu:

1. Membaca Peta

Membaca Peta (moonshineink.com)
Membaca Peta (moonshineink.com)

Meski era sudah digital karena adanya GPS, membaca peta akan sangat bermanfaat untuk kamu saat bepergian karena kalau kamu hanya mengandalkan GPS, tidak semua tempat memiliki sinyal yang bagus sehingga kamu harus tetap berjaga-jaga dengan menyimpan peta konvensional yang akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Membaca peta manual bisa membuat kamu menemukan tempat-tempat yang belum kamu kenal sebelumnya.

2. Belajar Bahasa Asing

Bahasa Asing (buzzepedia.com)
Bahasa Asing (buzzepedia.com)

Bagi para traveler, menguasai banyak bahasa asing setempat merupakan nilai utama. Tidak ada ruginya belajar bahasa asing selain bahasa Inggris, karena banyak negara yang penduduknya masih sangat bangga dengan bahasa nasional mereka sehingga mereka tidak mau menggunakan bahasa Inggris. Sebut saja negara Jepang, Korea, Thailand, Italia, dan masih banyak lagi. Mempelajari bahasa asing setempat bisa membantu kamu menanyakan arah serta lokasi saat perjalanan kamu sedang tersesat. Kamu juga akan lebih dihargai oleh penduduk lokal karena orang yang bisa bahasa lokal setempat akan lebih disenangi dan mendapat banyak kemudahaan seperti potongan diskon saat membeli sesuatu.

3. Menghitung Kurs Mata Uang

Mata Uang Asing (www.theguardian.com)
Mata Uang Asing (www.theguardian.com)

Skill yang satu ini memang patut kamu pelajari saat kamu ingin liburan ke luar negeri. Menukar rupiah menjadi mata uang negara tujuan sangat penting, tapi lebih penting lagi jika kamu mengetahui nilai tukar mata uang tersebut saat kamu berbelanja. Kamu bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang kamu keluarkan dan berapa sisa uang yang kamu miliki di sisa liburan.

4. Mengganti Ban

Mengganti Ban (theodysseyonline.com)
Mengganti Ban (theodysseyonline.com)

Terlihat sepele memang, tapi ini merupakan salah satu skill penting yang harus kamu miliki. Kemampuan bisa mengganti ban mobil adalah hal mendasar untuk pencegahan sesuatu yang tidak diinginkan siapapun. Bisa saja kamu berkendara atau menyewa mobil di tempat sepi dan tidak tahu di mana bengkel terdekat saat ban mobilmu bocor atau bermasalah.

5. Ramah dengan Penduduk Lokal

Traveler dengan Penduduk Lokal (www.camelsandchocolate.com)
Traveler dengan Penduduk Lokal (www.camelsandchocolate.com)

Sifat ramah bisa menjadi skill yang sangat bermanfaat bagi kamu saat sedang berlibur. Penduduk lokal akan sangat membantu perjalanan kamu, terutama dalam memberikan referensi destinasi wisata yang menarik, lokasi restoran murah tapi lezat, hingga tempat strategis membeli oleh-oleh. Jadi jangan mengucilkan diri dan cobalah sedikit membaur dengan penduduk lokal setempat. (jow)