Bumi menyimpan sejuta pesona yang sangat besar dan luar biasa. Tak hanya keindahan tapi juga rahasia di dalamnya. Misalnya iklim. Setiap negara memiliki iklim yang berbeda-beda, ada yang beriklim dingin, subtropis, tropis dan panas. Suhu panas atau dingin di suatu negara sangat dipengaruhi oleh letak geografis dari negara itu sendiri.

Berkunjung ke negara tropis maupun yang memiliki empat musim tentu sudah biasa, bagaimana jika kamu berkunjung ke 5 negara beriklim paling dingin di belahan bumi ini?

1. Rusia

russiatrek.org

Rusia, negara yang memiliki suhu ekstrim dengan suhunya yang bisa mencapai -65 derajat Celsius. Bayangkan, bagaimana dinginnya disana. Tak hanya itu, di Rusia musim dingin berlangsung lebih lama ketimbang musim panas. Salju dan hujan akan terjadi selama kurang lebih delapan bulan dalam seatahun. Sehingga tak heran jika penduduk Rusia lebih akrab dengan suhu dingin dibandingkan dengan suhu panas.

2. Kanada

hdwallpapers.in

Kanada adalah negara terdingin di dunia setelah Rusia. Zona pertempuran antara udara dingin dari daerah Kutub Utara dan hangat serta lembabnya udara dari selatan, menjadi ciri khas Kanada. Dari perbatasan selatan, wilayah Kanada ini membentang secara paralel, sehingga menyebabkan negaranya menjadi negara yang dingin dan kerap diselimuti salju.

3. Islandia

youngadventuress.com

Dari namanya saja Iceland yang berarti Tanah es, kebayang dong dinginnya kayak apa? Daerah yang hanya memiliki luas sekitar 40 ribu mil persegi ini dataranya selalu ditutupi es dan juga termasuk kawasan yang selalu memiliki suhu di bawah 0 derahat celcius, rata-rata suhu di Islandia berkisar -5 derajat celcius setiap harinya!

4. Mongolia

toursmongolia.com

Mongolia terletak 4.900 meter di atas permukaan laut. Iklim gurun gersang membawa musim panas sekaligus musim dingin. Mongolia ibarat Alaska kecil yang terjebak di antara Rusia dan China. Musim dingin Mongolia, berawal di bulan November dan berakhir hingga akhir April.

5. Greenland

washingtonpost.com

Greenland merupakan sebuah pulau di lepas samudera Arktik dan sangat dekat dengan dataran kutub utara yang dingin. Udara yang dimiliki Greenland cukup ekstrem. Bagaimana tidak, 80% dari seluruh wilayahnya tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya bisa mencapai 50 meter. Sehingga hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia. Di musim dingin, suhu bisa sampai -8 °C di wilayah selatan dan -20 °C di wilayah utara. Brrrrrr.