Mengintip Pantai Paling Berwarna di Dunia yang Ada di Kepulauan Komodo


Pink Beach di Pulau Komodo (www.baliaerotravel.com)

Indonesia memang terkenal akan kekayaan alamnya yang melimpah. Pemandangan alamnya yang mempesona bisa membuat siapa saja jatuh cinta. Tak heran jika Indonesia sangat digemari para wisatawan macanegara untuk menikmati keindahan alamnya. Salah satu kekayaan alam yang bisa membuat kamu terpesona adalah Pantai Pink alias Pink Beach yang berada di Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur. Keindahan pantai ini memang sudah mendunia. Menurut majalah About Travel, Pantai Pink di Kepulauan Komodo adalah pantai paling berwarna di dunia, setara dengan Pantai Harbour yang ada di Bahamas. Selain itu, Pantai Pink juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Kepulauan Komodo.

Pantai Pink yang Ada di Pulau Komodo (www.pulaukomodo.com)

Keindahan Pantai Pink di Kepulauan Komodo ini berhasil mengalahkan keindahan sejumlah pantai berwarna di dunia seperti Papakolea Beach dan Red Sands Kaihalulu Beach di Hawaii, Orange Beach di Malta, dan Purple Beach di California, Amerika Serikat. Di dunia, hanya ada tujuh pantai dengan hamparan pasir pink, yakni di Harbour Island, Bermuda Island, Santa Crush Island, Sardinia Italia, Dutch Caribbean Island, Bagoon Lagoon Yunani, dan di Kepulauan Komodo. Pantai Pink di Kepulauan Komodo ini memang tak terlalu luas, tapi hamparan pasir pinknya yang berpadu dengan birunya air laut membuat pantai ini terlihat sangat indah dan mempesona.

Pecahan Karang di Pantai Pink Kepulauan Komodo (wisatapriangan.co.id)

Ada banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana bisa Pantai Pink ini memiliki pasir yang berwarna merah mudah. Ternyata warna merah muda yang ada pada pasir pantai diduga berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati. Pecahan karang berwarna merah dengan berbagai ukuran memang bisa dengan mudah kamu jumpai di pantai ini. Selain karena pecahan karang berwarna merah, Pantai Pink ini juga memiliki hewan mikroskopik yang bernama foraminifera yang bisa memproduksi warna merah dan merah muda pada terumbu karang. Jika kamu ingin melihat indahnya perpaduan warna pink yang berpadu dengan birunya air laut, kamu bisa naik ke atas bukit yang ada di dekat pantai. Ada dua bukit kecil yang bisa kamu daki agar bisa melihat secara keseluruhan panorama keindahan Pantai Pink dari ketinggian.

Snorkeling di Pantai Pink (blogpusatpasar.files.wordpress.com)

Keindahan Pantai Pink tak hanya sebatas bagian permukaannya saja, tetapi juga pada pada keindahan bawah lautnya karena ada banyak soft coral, ratusan jenis ikan, serta biota laut berwarna-warni yang bisa kamu nikmati dengan snorkeling atau diving. Berhubung lokasinya berada dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, maka saat kamu sedang berenang, berjemur, atau bermain di sekitar kawasan pantai, kamu harus berhati-hati karena ada banyak hewan komodo di sini. Jika kamu melihat komodo, maka jangan sekali-kali mengusiknya ya! Karena komodo ini tergolong dalam hewan yang berbahaya. Biasanya saat kamu berkunjung ke Pantai Pink ini, kamu akan ditemani dengan jagawana alias polisi hutan yang akan memandu kamu.

Pink Beach di Pulau Komodo (www.pulaukomodo.com)

Di Pantai Pink ini kamu tak akan menemukan satu pun pedagang makanan, jadi sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman sendiri ya agar tak kelaparan nantinya. Untuk dapat mencapai Pantai Pink di Kepulauan Komodo, kamu bisa naik kapal atau speed boat dari Labuhan Bajo yang akan membawa kamu ke Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca dalam waktu sekitar 45 menit. Dari Dermaga Loh Buaya Ini, kamu akan berganti kapal untuk menuju Pantai Pink dalam waktu 30 menit saja. Sementara untuk menginap, kamu bisa menginap ala home stay di Labuhan Bajo atau Kampung Komodo. Selamat menikmati liburan kamu ya JBers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak