Dont be Captious

5 Wisata Alam yang Lagi Jadi Berita di Bantul, Ayo Berangkat!

Penatnya rutinitas sehari-hari membuat kamu perlu menyiapkan waktu khusus untuk liburan. Yogyakarta masih menyimpan sejuta pesona yang tidak akan pernah membuatmu merasa bosan. Pesona Yogya kali ini muncul dari sebuah kota bernama Bantul. Kota yang berada di selatan Yogya ini menawarkan pesona alam yang sangat luar bisa. Pesona alam yang luar biasa tersebut ada di Kecamatan Dlingo, Bantul. Tak perlu berpanjang kata, inilah lima tempat wisata di Dlingo, Bantul, yang memiliki pesona alam luar biasa.

1.Kebun Buah Mangunan

Wisata Kebun Buah Mangunan menjadi daya tarik utama dari Dlingo. Panorama alam di kawasan ini sangat menakjubkan. Kebun buah mangunan berada pada ketinggian 200 mdpl. Di tempat ini, kamu bisa merasakan sensasi layaknya berada di Lembah Sungai Amazon. Ada sebuah anjungan di Kebun Buah Mangunan yang persis berhadapan langsung dengan Lembah Sungai Oya. Di lokasi ini, Kamu bisa menikmati pemandangan alam bak di Sungai Amazon. Lekuk Sungai Oza begitu memanjakan mata Anda.

Sungai amazon ala Yogya by https://www.instagram.com/p/BSoGR39D11C/

Selain menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa, kamu juga bisa mengamati berbagai jenis buah-buahan yang ditanam di Mangunan, di antaranya adalah mangga, durian, rambutan, sawo, jeruk, cempedak, duku, belimbing, dan lain sebagainya. Kebun Buah Mangunan buka dari pukul 08.00 â?? 18.00 WIB. Sebagai catatan, sebaiknya jangan mengunjungi tempat ini saat sedang berkabut karena kabut akan menghalangi pemandangan alam di bawahnya.

2.Hutan Pinus Mangunan 

Masih di Desa Mangunan, tempatnya pun tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan, kamu bisa menemukan hutan pinus yang sangat asri. Hutan pinus tersebut bernama Hutan Pinus Mangunan. Sebagian besar orang juga menyebut hutan pinus ini sebagai Hutan Pinus Imogiri karena jalannya satu arah dengan situs makam Raja Imogiri. Akan tetapi, secara administratif, kawasan ini sudah tidak termasuk kawasan Imogiri.

Keindahan Hutan Pinus Mangunan by https://www.instagram.com/p/BSoGR39D11C/

Hutan Pinus Mangunan berada di kawasan Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Jauh sebelum menjadi objek wisata, kawasan ini sebenarnya adalah kawasan gersang. Pemerintah kemudian mengambil alih tempat ini dan mulai melakukan reboisasi. Selain pinus, daerah mangunan juga ditamani tumbuhan mahoni, kayu putih, akasia, dan kemiri.

3.Bukit Becici

Setelah menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Mangunan, Kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Puncak Becici. Lokasi Puncak Becici ini tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Puncak Becici terletak di Desa Gunung Mutuk, Dlingo, Bantul. Di sekitar kawasan ini, kamu masih akan disuguhi pemandangan hutan yang sangat asri. Selama perjalanan, suara gesekan daun pinus yang diterpa angin akan terus mengiringi kamu. Sesampainya di bukit, kamu pun bisa langsung menyaksikan keindahan alam bukit ini.

Sunset di Bukit Becici by https://www.instagram.com/p/BR3XGN_ju82/

Di Bukit Becici, ada satu spot foto yang diburu oleh wisatawan. Spot tersebut berupa rumah pohon. Di rumah pohon ini, Kamu bisa menyaksikan keindahan kota Yogyakarta dari atas tebing. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat senja.

4.Bukit Panguk Kediwung

Spot foto di Bukit Panguk by https://www.instagram.com/p/BNZGa-OhY78/

Satu lagi objek wisata yang sangat indah di Dlingo adalah Bukit Panguk Kediwung. Lokasi wisata ini masih berada dalam satu kawasan wisata Mangunan, tepatnya di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Satu hal yang menarik dari tempat ini adalah tersedia banyak spot foto yang berada di bibir tebing. Kamu bisa mengambil foto dengan latar belakang keindahan alam Kota Bantul.

5.Bukit Mojo Gumelem

Tempat wisata terakhir yang masih berada dalam satu kawasan Dlingo adalah Bukit Mojo. Sama seperti empat wisata sebelumnya, kawasan ini juga menawarkan wisata keindahan alam yang bisa dilihat di atas ketinggian. Di lokasi wisata ini, spot fotonya lebih banyak dari objek wisata lainnya. Pengelola wisata Bukit Mojo Gumelem sengaja membangun banyak spot foto untuk memanjakan para pengunjung. Kamu bisa selfie di beberapa spot foto yang disediakan.

Salah satu spot foto di Bukit Mojo by https://www.instagram.com/p/BQppu7rARpv/

Demikian adalah lima tempat wisata yang berada di kawasan Dlingo. Untuk mencapai lima lokasi wisata di atas, Kamu harus menggunakan kendaraan sendiri karena belum ada angkutan umum yang melalui lokasi wisata di atas. Kamu harus tetap hati-hati karena jalanan menuju lokasi cukup curam. (jow)

Apa Komentarmu
Loading...