Ternyata Ini Asal Angka 21 pada Bioskop Indonesia

Bioskop di Indonesia telah menjadi destinasi favorit dari berbagai generasi untuk menghabiskan akhir pekan mereka. Entah bersama pasangan, teman kantor, sahabat, ataupun keluarga. Kamu pasti sudah tak asing dengan berbagai brand bioskop di Indonesia, seperti Cinema XXI, The Premiere, atau Cinema 21. Brand tersebut merupakan merek dari jaringan bioskop Cineplex 21.

Namun tahukah kamu kenapa harus angka 21 yang dipakai? Atau dari mana angka 21 itu berasal? Ternyata penggunaan angka 21 pada tiap bioskop itu berasal dari hal yang sederhana.

Cinema XXI (Skyscrapercity)

Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, kisah awalnya bermula dari Sudwikatmono, seorang pebisnis asal Solo, Jawa Tengah. Semasa hidupnya ia pernah menjabat sebagai Komisaris Utama beberapa perusahaan, seperti PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Bogasari Flour Mills, dan PT Indika Entertainment.

Pria inilah yang mendirikan Studio 21 pertama, bertempat di Jalan MH Thamrin kavling 21 tahun 1986. Nama 21 untuk bioskop yang ada sekarang ini rupanya diambil dari nomor kavling gedung yang dipakai sebagai lokasi bioskop pertama.tersebut.

Pendapat lain mengemukakan bahwa angka 21 diambil dari nama Sudwikatmono sendiri, yaitu dari nama Dwi yang berarti 2, dan Mono yang berarti satu, sehingga muncul angka 21.

Cinema XXI Indonesia (Otonomi)

Saat ini, Gedung Studio 21 pertama tersebut sudah berubah menjadi gedung pencakar langit BII Tower. Pada tahun 1999 Sudwikatmono melepaskan kepemilikan jaringan bioskop 21 itu kepada partnernya, Benny Suherman dan Harris Lesmana. (tom)

Pembaca Lain Juga Suka Dari Penulis

Comments

Loading...