Bangga, Mahasiswa Indonesia Raih Gelar Doktor dengan Predikat Pujian Tertinggi di Hongaria

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Indonesia di Universitas Debrecen, Hongaria. Pasalnya, mahasiswa bernama Dodik Setiawan Nur Heriyanto itu sukses meraih gelar doktor di Universitas Debrecen, dengan predikat Summa Cumlaude, atau pujian tertinggi.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M. Wening Esthyprobo menghadiri sidang terbuka kandidat Ph.D dari Indonesia di bidang hukum di Universitas Debrecen pada tanggal 19 April 2017 lalu. Dodik Setiawan Nur Heriyanto menjadi penerima gelar Ph.D di bidang hukum pertama dari universitas di Hongaria dengan predikat Summa Cumlaude.

Dodik Setiawan Nur Heriyanto di ruang sidang (jadiBerita)

Dodik Setiawan Nur Heriyanto mempertahankan disertasi dengan judul â??Scope and Effect of the Immunity Principles in International Private and Business Lawâ? dengan sangat baik di hadapan komite sidang yang diketuai oleh Wakil Dekan Fakultas Hukum, Universitas Debrecen Prof. Dr. Bencze Matyas.

Dodik Setiawan Nur Heriyanto di ruang sidang (jadiBerita)

Dalam keterangan pers dan foto yang diterima jadiBerita.com dari Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Budapest, salah satu anggota Komite Sidang, Dr. habil. Mezei Peter, PhD, Associate Dean Fakultas Hukum, Universitas Szeged menyampaikan bahwa Dodik Setiawan Nur Heriyanto telah berhasil membuktikan argumen dalam disertasinya dan memenuhi kriteria serta persyaratan untuk mendapatkan gelar PhD dari Universitas Debrecen. Ia menambahkan bahwa disertasi Dodik akan sangat bermanfaat tidak hanya bagi praktisi hukum dan akademisi, namun juga bagi para pejabat pemerintahan.

Dodik Setiawan Nur Heriyanto di ruang sidang (jadiBerita)

Pada akhir sidang, seluruh anggota komite sepakat memberikan gelar PhD kepada Dodik Setiawan Nur Heriyanto dengan predikat summa cumlaude dan menyarankan agar nantinya disertasi tersebut dapat diterbitkan dalam bentuk buku.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Y.M. Wening Esthyprobo di ruang sidang (jadiBerita)

Dalam sidang terbuka tersebut, Duta Besar Wening menyampaikan rasa bangganya dapat menghadiri peristiwa bersejarah tersebut â??Hari ini merupakan hari bersejarah, mahasiswa Indonesia membuktikan kemampuan akademisnya dengan hasil yang sangat membanggakan. Saya berharap agar Sdr. Dodik dapat mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia dengan karya-karyanya dan peristiwa ini dapat menjadi penyemangat bagi teman-teman mahasiswa lainnya yang sedang studi di Hongaria,” ucapnya bangga.

Dodik Setiawan Nur Heriyanto bersama Y.M. Wening Esthyprobo (jadiBerita)

Dodik Setiawan Nur Heriyanto yang merupakan dosen Fakultas Hukum, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta mendapatkan dukungan beasiswa dari Hungarian State Scholarship untuk mengambil S3 di bidang hukum di Geza Marton Doctoral School of Legal Studies, University of Debrecen dan menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun.

Semoga semakin banyak pemuda Indonesia yang mampu menorehkan prestasi akademik di luar negeri, sehingga mereka bisa mengharumkan nama Indonesia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Keren, Nicki Minaj Pakai Topeng Karya Desainer Indonesia di Video Klipnya

Kisah Toleransi Islam dan Yahudi yang Jadi Viral di AS