Tak Perlu Jauh-jauh ke Maldives, Indonesia Punya Kepulauan Widi!


Maldives atau Maladewa hingga saat ini masih menjadi wisata impian bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Pantai pasir putih dengan warna biru muda yang jernih dan bersih serta pohon-pohon kelapa yang daunnya melambai-lambai cantik, dihiasi resort mewah dengan bungalow-bungalow di atas air pun membuat semua orang tergoda untuk mengunjunginya.

Beruntunglah bagi kita sebagai masyarakat Indonesia. Sebab, di negeri yang terdiri dari banyak pulau-pulau ini, sudah bukan hal yang baru jika ditemukan pulau-pulau yang memiliki kemiripan dengan wisata dunia. Di Halmahera Selatan, Maluku Selatan ada sebuah pulau yang memiliki kecantikan setara Maladewa, lho.

Pulau Widi namanya. Hamparan pasir putih, air berkilau bak pirus, keindahan bawah laut yang dapat dinikmati bahkan dengan mata telanjang. Dengan keindahan bahari yang begitu memesona dan belum terjamah banyak wisatawan, Kepulauan Widi kerap dijuluki sebagai Maladewa-nya Indonesia, lho.

Melansir dari Beritagar, Kepulauan Widi terdiri dari 99 pulau kecil, tiga atol, dan dan gua gugus pulau. Oleh masyarakat lokal, dua gugus pulau ini diberi nama Pulau Daga Gane–karena berhadapan dengan Kecamatan Gane, dan Pulau Daga Weda–karena letaknya yang berhadapan dengan Kecamatan Weda.

Dari puluhan pulau kecil di Kepulauan Widi, hanya satu yang berpenghuni, yakni Pulau Daga. Penghuninya pun tak banyak, ada 11 kepala keluarga, total penghuni pulau jumlahnya hanya puluhan orang. Penghuni pulau ini hidup dari hasil laut. Tak heran, karena wilayah kepulauan ini memang merupakan lumbung ikan. Hasil lautnya begitu berlimpah.

Mereka menghuni rumah-rumah panggung kayu di sekitar dermaga pulau. Jika kamu berkunjung ke kepulauan ini, jangan harap kamu bias tidur di hotel mewah. Sebab, kepulauan ini memang belum terjamah pembangunan infrastruktur. Namun, tak perlu khawatir, sebab masyarakat di sana bakal dengan senang hati menampung pelancong yang hendak bermalam.

Buat kamu yang hendak melancong, ada dua cara untuk sampai di Kepulauan Widi, seperti dilansir dari Liputan6. Cara pertama adalah dengan melalui Ternate menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Saketa dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Perjalanan kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan roda dua menuju Kecamatan Gane Timur dengan waktu tempuh sekitar 3 jam, dan perjalanan dilanjutkan kembali menggunakan speedboat sekitar 2 jam.

Sedangkan cara kedua dilakukan dengan menggunakan rute ke Pulau Bacan terlebih dahulu. Dari Pulau Bacan perjalanan dilanjutkan dengan speedboat menuju Kepulauan Widi. Bagi Anda yang menggunakan cara kedua, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu dengan berkonsultasi dengan warga lokal yang menyewakan perahu dan speedboat-nya.

Usai tiba di kepulauan cantik ini, banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau tak berpenduduk ini, mulai dari memancing, snorkeling, maupun diving. Buat kamu yang menyukai suasana pantai yang hening dan pemandangan laut yang indah, Kepulauan Widi menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Apalagi kepulauan ini dilengkapi dengan danau air tawar yang menjadi tujuan wisata bagi mereka yang gemar berpetualang. Jadi, kapan kamu menjelajahi Indonesia, JBers?


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak