Berburu Kuliner Khas Indonesia yang Hanya Ditemui Kala Ramadan


kompas.com

Datangnya bulan suci Ramadan memang menjadi momen istimewa bagi hampir seluruh wilayah di Indonesia. Selain ibadah puasa, bulan Ramadan juga lekat dengan sajian kulinernya yang khas. Beberapa makanan tertentu memang hanya muncul di bulan ini dan jarang ditemukan di bulan-bulan lain.

Tak heran, banyak pasar-pasar kaget yang menjual berbagai makanan khas bulan puasa pun bermunculan di seluruh penjuru kota. Berikut tempat berburu kuliner paling populer di kota besar di Indonesia yang dikutip dari Skyscanner. Mana yang paling kamu rindukan?

1. Kawasan Blang Padang, Banda Aceh.

Tribunnews

Dari jantung Kota Banda Aceh, kawasan Blang Padang terdapat mi caluk Bang Baka yang menjadi primadona. Mi dengan varian olahan berupa mi goreng, mi rebus, bihun, mie tiaw diguyur kuah kacang yang dibungkus terpisah. Dijual sesuai permintaan mulai harga Rp 5 ribu per bungkus. Dalam sehari, mi caluk yang sudah ada sejak tahun 1984 ini bisa menghabiskan hingga 100 kg bahan baku mi.

Selain di kawasan itu, kamu bisa berburu takjil khas Aceh di di Jalan Lampisang, Jalan Banda Aceh-Meulaboh, Simpang Lima, Darussalam, dan Pasar Aceh yang terletak di sebelah Masjid Raya Baiturrahman. Di tempat-tempat tersebut, makanan khas Aceh, seperti Kue Boi, Meuseukat Halua Breuh, Timpan, Boh Rom-Rom, dan Rujak Aceh bakal memanjakanmu.

2. Pasar Benhil, Jakarta Pusat.

kompas.com

Setiap tahunnnya, Pasar Bendungan Hilir (Benhil) selalu menjajakan kuliner khas takjil pada saat bulan Ramadhan. Di Benhil para pedagang diberikan tempat khusus berjualan di samping pasar Benhil. Di Pasar Benhil ini terdapat jajanan berupa es cendol, surabi, asinan, lontong, gorengan hingga makanan berat seperti rendang, gulai ikan, ayam goreng dan lain-lain.

Selain Pasar Benhil, menu takjil bisa kamu temukan di Kramat Raya. Tak kalah dari Benhil, setiap harinya, daerah ini selalu ramai oleh penjual dan pembeli makanan di sepanjang jalan. Kamu bisa menemukan semua makanan dari Sabang sampai Merauke.

3. Bantarjati, Bogor.

heibogor.com

Setiap bulan Ramadhan, sebuah pasar kaget akan buka di daerah Jl Bangbarung atau populer dengan nama Bantarjati. Di sinilah wisatawan bisa berburu aneka takjil enak dengan harga terjangkau. Kamu bisa menemukan berbagai takjil seperti es buah, kolak, dan kurma.

Selain Bantarjati, ada juga tempat berbuka puasa di Jalan Pajajaran dan Taman Kencana. Sambil ngabuburit kamu bisa datang ke tempat-tempat ini mulai pukul 16:00. Sebab, jajanan di sini biasanya akan habis terjual ketika Maghrib. Orang Bogor, sudah ke sini?

4. Pasar Cihapit, Bandung.

destinasibandung.co.id

Bandung memang terkenal dengan kulinernya yang enak-enak. Di momen Ramadan ini, kamu bisa berburu kuliner takjil di Jalan Sabang, Pasar Cihapit Bandung. Ini merupakan salah satu lokasi ngabuburit paling favoritu karena menawarkan aneka takjil yang menggiurkan dengan rasa yang super enak dan harga yang sangat ramah untuk kantong.

Selain Pasar Cihapit, menu takjil juga bisa diburu di Lapangan Gasibu dan Gedung Sate. Di sepanjang jalan disiapkan takjil seperti es buah, aneka kolak, es cendol, surabi, kue-kue kering hingga menu lauk pauk. Setiap sore, kawasan ini selalui ramai pengunjung.

5. Kampung Kauman, Yogyakarta.

muhammadiyah.or.id

Kampung Kauman yang merupakan kampung Islam selalu dipenuhi warga setempat yang mencari hidangan untuk berbuka selama bulan puasa.Terletak di gang sempit yang lebarnya tak sampai 2 meter, Pasar Kauman selalu ramai diserbu masyarakat dari berbagai penjuru. Sesuai namanya, Pasar Sore Ramadhan Kauman ini berada di Kampung Kauman, Jl. Ahmad Dahlan, sekitar 80 meter dari titik nol kilometer Jogjakarta.

Hanya dengan menyusuri lorong sempit ini, kamu akan menemukan aneka jajanan tradisional yang bakal susah dicari di tempat lain. Misalnya clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, semar mendem, serabi kocor, dan kipo. Harganya pun sangat murah!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak