5 Jajanan Khas Cirebon Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Cirebon yang merupakan salah satu kota dengan sejuta sejarah dan kebudayaan nya yang masih terjaga, memang menjadi destinasi wisata dan kunjungan yang menarik untuk disambangi. Tentunya tempat â?? tempat wisata yang menarik di Cirebon banyak berjajar dan bisa menjadi magnet tersendiri para pelancong. Selain terkenal akan tempat wisatanya yang menjadi landmark tersendiri Cirebon, Kota Udang ini, juga terkenal akan jajanannya yang masih eksis hingga sekarang.

Jajanan â?? jajanan tradisional ini, merupakan makanan khas Cirebon yang tidak tergerus jaman. Buktinya, walaupun termasuk jajanan tempo dulu, namun keberadaanya masih tetap eksis, dan bahkan banyak diburu oleh wisatawan untuk sekedar mencicipi, karena penasaran akan jajanan khas Cirebon ini. Apa saja jajanan khas Cirebon yang hingga saat ini masih eksis, maka berikut adalah beberapa ulasan menariknya, yang bisa menjadi pilihan anda tentang jajanan Khas Cirebon yang masih eksis hingga sekarang.

1. Growolan

Growolan

Makanan ringan dengan warna coklat ini, merupakan makanan dengan bahan dasar gaplek dan juga ditaburi dengan gurihnya kelapa parut, dan menjadi jajanan tradisional khas Cirebon yang hingga saat ini mudah ditemui di sekitaran area Cirebon. Biasanya, Growolan dengan rasa manis campur gurihnya parutan kelapa ini, merupakan jajanan yang menjadi menu pengganti sarapan, bagi sebagian besar masyarakat Cirebon.

2. Ondal Andil

Ondal Andil

Yang satu ini juga merupakan salah satu jajanan yang tak kalah eksisnya. Salah satu daftar jajanan tradisional khas Cirebon ini, terbuat dari bahan dasar Tepung Tapioka. Kenyalnya Ondal â?? Andil ini juga dipadu padankan dengan warna warninya yang cerah dan memukau, serta taburan kelapa parut yang membuatnya semakin gurih. Ondal â?? Andil ini banyak ditemui dipasar tradisional dan menjadi salah satu yang masih eksis hingga sekarang.

3. Gadungan

Gadungan

Namanya memang Gadungan, namun bukan berarti bentuknya juga Gadungan atau tak terlihat. Jajanan khas dari Cirebon yang terbuat dari singkong ini, merupakan salah satu menu sarapan dan kudapan yang lezat untuk anda coba. Saat ini, Gadungan merupakan pilihan lezat untuk anda yang ingin mencicipi kuliner dengan rasa yang unik. Legitnya singkokng dan gurihnya kelapa menjadi ciri khas dari Gadungan ini.

4. Gepu

Sama seperti bahan dasar Gadungan, Gepu merupakan pilihan jajanan tradisional Cirebon yang terbuat dari Singkokng. Hanya saja, bentuknya bulat dan diisi dengan dage atau oncom didalamnya, dan digoreng dengan minyak panas. Mirip combro memang untuk sekilasnya. Biasanya, Gepu ini sendiri, banyak terdapat di pasar tradisional, atau penjual gorengan dan camilan keliling.

5. Rarauwan

Rarauwan

Dengan bahan dasar tepung tapioka, rarauwan merupakan salah satu kudapan unik khas Cirebon yang juga menarik untuk anda coba. Tepung tapioka yang menjadi bahan dasar Rarauwan ini dikombinasikan dengan kelapa dan juga kacang gendolo, yang menjadikan jajanan ini menjadi salah satu kudapan dengan rasa yang unik, dan masih eksis hingga saat ini.

 

Jajanan â?? jajanan diatas menjadi pilihan kuliner menarik yang bisa anda cicipi di Cirebon, yang tentu saja bisa memanjakan lidah anda. semoga menambah referensi dan informasi anda untuk kuliner dari Cirebon. (jow)

Apa Komentarmu

Loading...