Bukan Lagu Religi, Tapi Lirik 5 Lagu Indonesia Ini Sangat Religius

Bulan Ramadan sudah menjadi saat dimana para musisi berlomba-lomba merilis lagu religi. Tentunya, lagu religi memiliki lirik yang religius. Namun bagaimana bila sebuah lagu memiliki lirik yang religius namun ternyata bukan lagu religi? Berikut adalah 5 lagu yang memiliki lirik religius namun bukan lagu religi, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Letto – Sandaran Hati

Lirik “Sandaran Hati” ini ternyata bisa ditafsirkan dalam beberapa pandangan, ada yang bisa soal ibadah luas kepada Tuhan, ada pula yang menganggapnya liriknya tentang salat malam alias tahajud. Pada suatu kesempatan malah Letto yang kini digawangi Noe alias Sabrang, Patub, Dhedot, Ari, Widi, dan Cornel itu sempat mengumumkan bahwa sebenarnya memang lirik-lirik lagu Letto hampir semuanya religius. Pernyataan itu disampaikan mereka ketika ada orang yang bertanya kenapa selama ini Letto tak pernah mau membuat lagu religi yang dirilis khusus saat Ramadan.

2. NAIF – Hidup Itu Indah

Kenapa lirik lagu ini religius, karena isinya berisi tentang takdir dan keberagaman manusia di dunia. Saat lahir dan masih kecil mungkin kita memang tampak sama, tapi setelah dewasa pilihan yang kita punya akan semakin benar-benar terasa, contoh utamanya adalah soal agama. Tapi tetap saja, meskipun berbeda agama, kita semua masih bisa berteman baik.

3. Seringai – Mengadili Persepsi (Bermain Tuhan)

Jika agama sudah dikaitkan dengan politik, maka pihak yang menang akan membuat aturan yang dipegangnya itu benar. Pihak yang kalah dinyatakan salah, yang gak sejalan dianggap kafir. Agama tak lagi menjadi jalan hidup, bukan jadi jalan damai bagi yang melaluinya. Ia hanya sebuah dogma yang dipaksakan pelaksanaannya dalam kehidupan.

4. Sheila On 7 – Cahaya Terang

Meski banyak lagu Sheila On 7 bertemakan cinta, namun tak jarang beberapa lagunya justru religius. Salah satunya adalah lagu “Cahaya Terang”. Lirik lagu “Cahaya Terang” ini diketahui dibuat oleh Sakti Ari Seno, gitaris yang keluar dari Sheila On 7 pada 2006, lalu sampai sekarang berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy karena telah hijrah.

5. Jogja Hip Hop Foundation – Sedulur

Departemen hip hop kota gudeg yang sudah malang melintang di beberapa panggung internasional ini membawa tema persaudaraan seluruh manusia. Video ini juga menggambarkan empat personel JHF bersama sanak saudara dan teman-teman dengan background agamanya masing-masing dalam merayakan perbedaan. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...