Surga Tersembunyi di Balik Kota Industri Gresik yang Bikin Kamu Tak Mau Pulang

Kota industri memang indentik dengan pabrik, panas dan polusi. Tapi jangan berburuk sangka dulu. Di balik kota industri Indonesia seperti Gresik, ternyata ada beberapa wisata yang bisa kalian coba untuk mengisi liburanmu. Beberapa di antaranya adalah Pantai Gili dan Pantai Noko.

Pantai Pulau Gili adalah salah satu pantai di Pulau Bawean. Pulau Bawean sendiri adalah pulau yang terletak sekitar 80 Mil atau 120 km di sebelah utara Gresik, tepatnya di laut Jawa. Secara administrasi, Pulau Bawean masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik. Siapa sangka, ternyata pulau yang memiliki sekitar 70 ribu penduduk ini menyimpan pantai yang indah dan menyejukkan mata.

Pulau Bawean (Destinasipada)

Meski belum banyak dikenal seperti Bali atau Karimun Jawa, sebenarnya Pulau Bawean ini menyimpan banyak pesona wisata bahari yang tidak kalah dengan pulau-pulau tersebut. Apalagi pantai-pantai yang ada di pulau Bawean belum banyak terjamah wisatawan, tidak terkecuali Pantai Pulau Gili. Maka tidak heran jika kebersihan dan ke-eksotisan pantai Pulau Gili masih sangat terjaga.

Pantai Gili ini memiliki pasir putih yang lembut dan indah. Kelebihan pantai pulau Gili juga dikarenakan pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset dalam satu tempat saja. Selain itu, hasil tangkapan nelayan setempat juga merupakan salah satu tawaran yang sangat menarik dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Menikmati pemandangan laut di saat sunset ditemani dengan ikan bakar hangat tentu akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain pasir putih yang terhampar luas, air laut di sekitarnya masih terlihat biru bening, dipadu dengan persawahan yang luas yang mendominasi bagian dalam pulau Gili.

Pulau Gili (Piknikasik)
Pulau Gili (Piknikasik)

 

Untuk bisa sampai ke Pantai Pulau Gili, kita memang harus menempuh perjalanan laut ke Pulau Bawean terlebih dahulu. Setelah kita sampai ke Pulau Bawean, barulah kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Gili yang berada di sisi timur pulau Bawean.

Selain Pulau Gili, ada juga Pulau Noko yang letaknya berseberangan dengan Pulau Gili.  Pulau ini memiliki luas sekitar 1 km persegi dengan seluruh daratan merupakan pasir putih. Jadi, di pulau ini kita bisa bermain-main dengan pasir dan ombak pantai yang tidak terlalu besar.

Panorama Pulau Noko (RusaBawean)

Bagi yang memiliki hobi berenang, maka pulau yang indah ini tentunya sangat cocok buat kamu, karena di sini kamu bisa berenang serta berjemur di sekeliling pulau yang tak berpenghuni ini dengan berhiaskan panorama pasir putih yang yang eksotis.

Di pulau ini kita juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya. Di sekitar perairan Pulau Noko kita akan menumpai berbagai ikan hias serta bunga karang. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut di pulau ini kita harus membawa peralatan snorkeling sendiri karna di Bawean belum ada fasilitas penyewaan peralatan snorkeling.

Berenang di Pulau Noko (Boyantravel)
Terumbu karang di Noko (Boyantravel)

Untuk bisa menikmati suasana pantai yang masih bersih, tak harus jauh-jauh ke luar negeri, karena di Indonesia juga masih ada pantai yang bersih dan nyaman. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...