Don't be Captious

5 Alasan Kenapa Orang Indonesia Selalu Terlihat Ramah di Mata Dunia

Orang Indonesia dengan Orang Lain (tm86.wordpress.com)

Sebagai warga negara Indonesia, terkadang kita suka bertanya-tanya bagaimana tanggapan masyarakat dunia tentang Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak kekayaan alam seperti hutan, gunung, dan pantai yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Indonesia juga terkenal akan keanekaragaman suku dan budaya sehingga membuat negara kepulauan ini terlihat unik dan menarik. Tapi tahukah kamu kalau Indonesia juga dikenal sebagai masyarakat yang ramah di mata dunia. Sebenarnya apa yang membuat orang Indonesia dicap sebagai orang yang selalu bersikap ramah? JadiBerita punya lima alasannya di bawah ini!

1.Murah Senyum

Orang Indonesia Murah Senyum (cdn.idntimes.com)

Tak semua negara di dunia memiliki keramahan untuk selalu tersenyum kepada siapa saja. Orang Indonesia sangat mudah sekali tersenyum saat bertemu dengan orang yang dikenal maupun tak dikenal seperti orang asing. Baik itu di rumah makan, pasar, penginapan, hingga tampat umum lainnya, orang Indonesia akan dengan senang hati melemparkan senyuman pada orang yang mereka layani. Inilah yang membuat orang asing merasa kalau orang Indonesia terlihat sangat ramah dan friendly.

2.Suka Berinteraksi dengan Orang Lain

Orang Indonesia Suka Berinteraksi dengan Orang Lain (ytimg.com)

Orang Indonesia sangat suka berinteraksi dengan orang lain, terutama jika mereka bertemu dengan orang asing. Hal ini disebabkan karena orang Indonesia sangat suka mengobrol dan bercerita. Saat kamu bertemu orang asing yang sedang berlibur, pastinya kamu akan bertanya dari mana asalnya, berapa lama tinggal di Indonesia, hingga percakapan lainnya yang bisa membuat kalian mengobrol dalam waktu yang cukup lama. Orang Indonesia akan dengan senang hati menjelaskan tentang Indonesia kepada wisatawan asing tanpa meminta bayaran karena mereka sangat suka menceritakan tentang indahnya Indonesia.

3.Bersikap Santun

Orang Indonesia Suka Bersikap Santun (inderexplorer.files.wordpress.com)

Sejak kecil, orang Indonesia sudah diajarkan untuk selalu bersikap santun kepada orang lain, terutama kepada orang yang lebih tua usianya. Meski Indonesia memiliki adat istiadat yang berbeda-beda, tapi secara keseluruhannya selalu mengajarkan untuk memperlakukan orang lain dengan baik, tidak peduli mereka berasal dari ras, agama, atau negara manapun, semuanya dianggap sama. Saat pertama kali bertemu dengan orang asing, orang Indonesia pasti akan tersenyum dan menunjukkan gesture menghormati contohnya dengan bersalaman. Sikap santun ini membuat orang asing bersikap lebih respect kepada orang Indonesia.

4.Suka Menolong

Orang Indonesia Suka Menolong (karental.id)

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan pertolongan orang lain. Orang Indonesia sangat suka menolong siapa saja terutama orang asing. Ini salah satu bentuk keramahan yang dimiliki orang Indonesia. Contohnya saja saat ada wisatawan asing yang bertanya arah jalan atau lokasi tempat, maka kita akan dengan senang hati menunjukkannya. Hal seperti ini sangat sulit kamu temui di negara-negara lain, terutama negara maju yang penduduknya adalah orang sibuk. Kamu pasti akan diacuhkan begitu saja sehingga untuk bertanya arah jalan atau lokasi tempat, kamu harus ke kantor polisi terlebih dahulu.

5.Suka Bergotong Royong

Orang Indonesia Bergotong Royong (wikimedia.org)

Tak hanya suka menolong, orang Indonesia juga bergotong royong. Orang asing yang berlibur ke Indonesia, terutama berlibur ke daerah pedesaan atau pedalaman pastinya pernah melihat orang Indonesia mengadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan, mempersiapkan upacara adat bersama-sama, hingga memasak makanan bersama-sama. Ada banyak hal yang dilakukan orang Indonesia secara gotong royong atau beramai-ramai.  Sikap ini membuat orang Indonesia terlihat sangat baik dan ramah di mata orang asing yang lebih individualis.

Sekarang kamu sudah tahu khan kenapa kita dianggap sebagai bangsa yang ramah di mata dunia. Sikap-sikap tersebut haruslah kita pertahankan terus ya JBers! (jow)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...