BAGIKAN

Mahasiswa Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan di ajang internasional. Belum lama ini, mahasiswi asal Malang berhasil meraih juara satu pada program Youth Entrepreneurship Symposium (Yes) yang diselenggarakan di National University of Singapore (NUS).

Di ajang yang diselenggarakan di kampus terbaik se-Asia ini, mahasiswi Universitas Negeri Malang (UN) bernama Cattetiana Dhevi bersaing dengan 350 delegasi dari belahan dunia lain yang telah dipilih oleh pihak panitia kompetisi untuk unjuk gigi memaparkan ide bisnis.

â??Awalnya ada 400 pendaftar dari Indonesia. Kemudian tersaring menjadi 70 orang yang berangkat ikut kompetisi,â? kata Dhevi seperti dikutip dari Tribunnewscom, Senin (17/7/2017).

Di ajang internasional yang bertemakan Entrepreneurship as a Career ini, Dhevi memaparkan ide bisnis kanvasnya di hadapan juri selama tiga menit dengan menggunakan bahasa Inggris. Walaupun sangat singkat, di ajang Yes itu para peserta dituntut untuk mampu menjelaskan ide bisnis mereka secara detil dan menyakinkan para juri.

Saat itu Dhevi cukup minder semua ide tim dari negara lain sangat luar biasa. â??Saya hanya berbekal keyakinan,â? ujar pemilik TOEFL ITP sebesar 533 itu.

Setelah proses panjang dan penuh kritikan, Dhevi memenangkan simposium yang mengumpulkan entrepreneur muda dari berbagai bidang di dunia itu. â??Kami berusaha mempresentasikan business canvas sebaik mungkin. Minimal setidaknya sama baiknya dengan tim lain,â? tuturnya.

Atas prestasinya ini, Dhevi dan dua rekannya mendapat hadiah sebesar SGD 2 ribu, piagam penghargaan, buku entrepreneurship, software, dan voucher dari Kementrian Kepemudaan dan Budaya Singapura. “Saya mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang membantu presentasi ini,” tandasnya. (tom)

Apa Komentarmu