10 Desain Seragam Sekolah dari Berbagai Negara, Indonesia Paling Sederhana


Berbeda negara, maka berbeda pula seragam sekolah yang dikenakan oleh para pelajarnya. Ada yang memiliki desain unik, ada pula yang sederhana. Dilansir dari Theverybesttop10, berikut adalah 10 seragam sekolah yang ada di dunia.

1. Uzbekistan

Seragam sekolah Uzbekistan (Mirror)

Negara ini memiliki penduduk usia muda lebih banyak dibandingkan penduduk usia tua. Sekitar 60 persen masyarakatnya berusia di bawah 25 tahun. Oleh karena itu sekolah di sini selalu penuh dengan murid-murid. Jumlah anak muda yang melampaui jumlah orangtua membuat aspirasi mereka, termasuk soal warna seragam, tertampung. Akhirnya, dipilihlah warna biru atau ungu yang merepresentasikan jiwa muda.

2. Meksiko

Seragam sekolah Meksiko (Wikimedia)

Mungkin hanya negara Meksiko yang memilih warna hijau sebagai warna seragam sekolahnya. Tak banyak negara yang berani “mengambil risiko” dengan memilih warna seragam yang terlalu mencolok. Bahkan seragam itu dipakai untuk perempuan dan laki-laki, tak ada bedanya.

3. Ghana

Seragam sekolah Ghana (Wikimedia)

Meski tergolong negara miskin, dengan segala daya dan upaya, mereka mampu merancang seragam yang sederhana, tak memakan banyak biaya, tapi terlihat elegan. Orang yang memakainya tak terlihat seperti orang berkekurangan. Dilihat sekilas seragam yang mereka kenakan mirip dengan seragam Pramuka.

4. Bhutan

Seragam sekolah Bhutan (Zimbio)

Sederhana, indah dan kaya akan nilai budaya. Tiga kata itu adalah kata-kata terbaik yang tepat dipilih untuk menggambarkan warisan nenek moyang penduduk Bhutan ini.

5. Vietnam

Seragam sekolah Vietnam (Jessieglaubman)

Kain putih-putih yang menutupi tubuh hingga mata kaki biasanya digunakan banyak orang untuk sembahyang. Namun, di Vietnam, pakaian itu justru dikenakan saat sekolah. Dan ternyata seragam putih ini itu adalah seragam yang diandalkan di Vietnam.

6. Shanghai

Seragam sekolah Shanghai (Globaloue)

Warna seragam yang gelap dengan kerah unik serta rok lebar untuk perempuan dan atasan yang lucu untuk pria menngingatkan kita dengan film yang dibintangi Boboho. Tas yang mereka gunakan juga serupa, rapi, namun tak sama.

7. Jerman

Seragam sekolah Jerman (Paperblog)

Anak-anak kecil di Jerman sudah memakai blazer berwarna merah untuk seragam sekolah. Mereka terlihat jauh lebih intelek, pandai dan eksklusif. Bahkan seragam yang mereka kenakan mirip dengan seragam sekolah Harry Potter, hanya saja berbeda warna.

8. Sri Lanka

Seragam sekolah Sri Lanka (Pinterest)

Yang membuat seragam sekolah di Sri Lanka ini unik adalah dasinya yang menyerupai dasi orang-orang kantoran, memiliki corak garis-garis dan berwarna mencolok.

9. Jepang

Seragam sekolah Jepang (Clothingfromjapan)

Di mana pun, seragam Jepang selalu menyedot perhatian publik. Rancangannya yang stylish, potongan yang rapi, serta aksesori yang menggenapi membikin tampilan anak sekolah selalu terlihat modis.

10. Indonesia

Seragam sekolah Indonesia (Cookiesound)

Hanya di Indonesia seluruh penduduk dengan level pendidikan yang sama, dalam hal ini SD, mengenakan pakaian yang warna, bentuk, dan desainnya sepadan. Warna seragamnya pun terinspirasi bendera Indonesia, merah dan putih. Baik laki-laki maupun perempuan memakai warna yang sama, bentuk yang sama, tak dibeda-bedakan. Dari semua seragam yang ada di dunia, segaram sekolah Indonesia ini paling sederhana. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
64
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
82
Ngakak