Menikmati Pesona Bukit Batas di Banjarmasin yang Mirip Raja Ampat


Keindahan Raja Ampat di Papua Barat memang tak perlu diperdebatkan lagi. Keindahannya bahkan sampai diakui dunia. Namun, untuk menuju ke objek wisata ini memakan waktu dan biaya yang tak sedikit. Selain karena jauh, Raja Ampat pun sudah menjadi destinasi mewah turis-turis, khususnya turis asing. Tapi tenang saja, karena ada alternatif untuk bisa mengunjungi Raja Ampat tanpa harus ke Papua. Namanya adalah Bukit Batas di Kalimantan Selatan.

Bukit Batas ini terletak di Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar. Dari puncak bukit, kamu bisa melihat gugusan pulau hijau dan indah, mirip seperti di Raja Ampat.

Bukit Batas (Otonomi)

Meskipun belum seterkenal tempat lainnya, namun destinasi wisata ini bikin siapun betah untuk berlama-lama. Keindahan Waduk Riam Kanan beserta pulau-pulau kecilnya akan menghiasi pemandangan dari atas bukit. Pesona itu akan bertambah jika berpadu dengan matahari terbit ataupun terbenam.

Untuk yang ingin mencapai Bukit Batas, dari Martapura berjarak tempuh sekitar 30 km. Wisatawan harus menaiki perahu mesin (klotok) selama 30 menit dari Dermaga atau Pelabuhan Aranio sampai di kaki bukit, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju puncak Bukit Batas selama 60 menit.

Bukit Batas (Twitter)

Dilansir dari bappeda.banjarkab.go.id, ongkos klotok di sana mencapai Rp 400 ribu. Harga itu memang sudah menjadi kesepakatan bersama komunitas pemilik klotok di sana karena setiap pemilik juga harus membayar berbagai kontribusi.

Dari Pelabuhan Aranio, wisatawan akan dibawa menyusuri danau yang indah untuk menuju ke Desa Tiwingan Baru. Sesudah itu, wisatawan akan sampai di Pulau Pinus dan menikmati pemandangan hutan pinus.

Sebelum benar-benar mendaki bukit, wisatawan harus melapor dulu kepada ketua RT di sana dan membayar karcis sebesar Rp 5 ribu. Baru setelah itu, perjalanan menuju puncak Bukit Batas akan dilakukan wisatawan dengan jarak tempuh sekitar 3 km.

Bukit Batas (Zianarmie)

Jalan yang menanjak akan membuat perjalanan sangatlah jauh. Tetapi untuk yang tidak kuat berjalan kaki, di sana tersedia ojek untuk mengantar dengan tarif nego. Dan untuk para pencinta sepeda gunung, bisa membawa sepedanya masing-masing untuk menaklukkan bukit tersebut.

Fasilitas yang terdapat di sana adalah rumah makan, jadi tak perlu takut kelaparan. Di sana juga terdapat kamar mandi, juga WC, pemandu, dan tentu saja kawasan berkemah untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbit.

Jadi, pilih Raja Ampat atau Bukit Batas? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak