Tak Lagi Bulat, Ini Bakso Tumpeng Kekinian untuk Rayakan Ultah


Bakso Tumpeng di Bantul Jogja (@masclink_kulineran)

Bakso menjadi kuliner yang disukai segala macam kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Bakso awalnya berasal dari kuliner Tionghoa dan terbuat dari daging babi giling. Tapi berhubung penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim, maka daging babi giling diganti dengan daging ayam, sapi, atau ikan giling. Berhubung ada banyak sekali penjual bakso di Indonesia, hal ini membuat banyaknya inovasi bakso mulai dari bentuk hingga penyajian yang unik dan menarik.

Bakso Tumpeng Jogja (@masclink_kulineran)

Beberapa waktu yang lalu, ada bakso kuburan mantan serta bakso batok kelapa yang sedang menjadi hits di dunia kuliner. Kali ini ada bakso tumpeng yang sedang menjadi viral dan banyak diburu. Lalu, apa sih sebenarnya bakso tumpeng itu? Mendengar kata tumpeng, pasti yang terbayang dalam benak kalian adalah nasi tumpeng yang identik dengan perayaan hari besar di Indonesia. Tumpeng yang biasanya dibuat dari bahan utama nasi kuning, kali ini dibuat dari bakso. Sesuai dengan namanya, bakso tumpeng adalah bakso yang berbentuk seperti tumpeng alias kerucut.

Ulang Tahun dengan Bakso Tumpeng di Bantul (@lesehan_mbanyumili)

Bakso ini bisa kamu temukan di Lesehan Mbanyu Mili, Yogyakarta. Bakso ini disajikan dengan kuah kaldu asli serta bahan tambahan lainnya seperti bihun, mie kuning, sawi hijau, seledri, daun bawang, dan satu lagi yang berbeda adalah potongan tahu sumedang di dalamnya. Bakso tumpeng tadinya dibuat untuk menyaingi bakso kekinian lainnya dengan bentuk yang semakin unik. Tapi bakso ini justru jadi berita karena bisa digunakan untuk merayakan ulang tahun dengan cara yang berbeda. Anak muda yang tidak terlalu suka merayakan ulang tahun dengan nasi tumpeng, kini bisa menggunakan bakso tumpeng sebagai simbolis sekaligus bisa sekaligus mentraktir teman-teman mereka makan bakso yang murah meriah.

Bakso Tumpeng di Bantul (@lesehan_mbanyumili)

Bakso tumpeng ini memiliki tiga ukuran, yakni ukuran small (S), medium (M), dan large (L). Untuk ukuran S berisi satu telur butir telur rebus di dalamnya, ukuran M berisi dua butir telur rebus, dan yang berukuran L berisi 10 butir telur rebus sehingga ukuran L paling banyak dipesan untuk disantap beramai-ramai agar lebih seru. Untuk harganya bisa dibilang cocok untuk dijadikan traktiran ultah kok JBers karena per porsinya untuk ukuran S hanya Rp 15.000 saja, sedangkan untuk ukuran M Rp 25.000 dan L bisa mencapai Rp 100.000. Selain bakso tumpeng, Lesehan Mbanyu Mili juga punya menu bakso unik lainnya seperti bakso mangkok yang bisa membuat kamu kekenyangan.

Bakso Tumpeng dan Bakso Mangkok di Bantul (@rifarahayu93)

Buat JBers yang ingin datang langsung dan mencicip bakso tumpeng, kamu bisa datang langsung ke Singosaren RT 01 Wukirsari, Imogiri-Bantul, Yogyakarta (patokannya sebelah jembatan Karang Semut). Meski jam bukanya mulai dari pukul 13:00 hingga 24:00 malam, tapi saat sore, bakso tumpeng ini terkadang sudah habis karena tidak dibuat dalam jumlah yang banyak. Jadi lebih baik kamu datang saat siang ya JBers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak